Gander, Bandara di Kanada Penyelamat Tragedi WTC

Bandara Internasional Gander Kanada adalah salah satu tempat bersejarah yang bisa dibilang kontribusinya tidak main-main terhadap orang-orang yang terdampak tragedi World Trade Center New York 9 September 2001.

Para korban yang ditampung jumlahnya lebih dari 7000 manusia. Momen 19 tahun lalu yang begitu menyakitkan publik dunia tersebut, utamanya negeri Paman Sam, menjadi salah satu politik fisik terburuk dalam sejarah Amerika juga warga bumi.

Kembali ke kota Gander Kanada, di mana bandar udaranya dibangun pada tahun 1938, tempat ini menjadi saksi pergerakan pesawat sekutu yang terbang ke Eropa selama Perang dunia. Hingga akhirnya Gander menjadi pusat militer pada masa Perang Dunia II. Dilansir dari CNN, kejadian itu disaksikan oleh penduduk lokal kota Gander yang lahir pada masa Perang Dunia II, Jack Pinsent. Pria ini menceritakan memorinya sebelum ada bandara, Kota Gander bak kota zombie yang begitu sepi. Di mana setelah bandara beroperasi pada Januari 1938, kehidupan di kota ini berangsur lebih baik.

Seiring berjalannya waktu, tepatnya pada akhir dekade 1950-an, Bandara Gander kian berkembang, sehingga turut mempengaruhi peluang lapangan pekerjaan di kota ini yang semakin meluas.

Momen ini berperan terhadap tumbuh kembang Kota Gander, yang membuat penduduknya kian akrab dengan dunia penerbangan.”Bagi sebagian orang di dunia, ini adalah tempat pertama dan satu-satunya yang mereka ingin kunjungi saat berada Kanada,” ungkap Pinsent.

Nilai-nilai historis di atas, membuat pemerintah setempat memutuskan untuk membangun terminal baru di Bandara Gander. Namun dibuat dengan disain yang lebih artistik, agar semakin menarik, tanpa menghilangkan berbagai unsur nilai sejarahnya.

Revitalisasinya memakan biaya 3 juta dolar Kanada. Ratu Elizabeth II sampai hadir di pembukaan terminal baru yang hasil akhirnya menjadi semakin terlihat mewah dan elegan tersebut. Bagaimana tidak, furnitur karya desainer terkenal seperti Charles dan Ray Eames, serta Jacques Guillon, menjadi bagian dari mega proyek ini.

Sayangnya, kini Bandara Gander terbilang sepi pengunjung jika dibandingkan dengan masa-masa jayanya. Akan tetapi, bandara ini masih menjadi tujuan utama sejumlah wisatawan yang ingin melihat salah satu tempat paling bersejarah di Kanada.