Eloknya Bulukumba

Si seksi Bulukumba merupakan salah satu kabupaten yang berada di wilayah Sulawesi Selatan. Bulukumba ini menjadi fenomena baru sejak 25 tourist attraction-nya menjadi primadona wisata terbaru tanah air.

Si seksi Bulukumba terletak di kota Bulukumba, memiliki luas sekitar 1.154.67 km persegi. Dan, berdasarkan sensus di tahun 2010, jumlah penduduknya berkisar sekitar 400 ribu jiwa, memiliki 10 kecamatan, 27 kelurahan, serta 109 desa. Secara wilayah Kabupaten Bulukumba berada pada kondisi empat dimensi, yakni dataran tinggi pada kaki gunung Bawakaraeng, dataran rendah, pantai, dan laut lepas.

Si Seksi Bulukumba memiliki 25 objek wisata yang masuk ke dalam wilayah Bulukumba adalah: Pantai Bira yang biasa dipakai snorkeling dan diving, Bakung-Bakung View Sunrise yang ada jogging track-nya, Pantai Bara yang bisa bikin kita serasa berada di pulau pribadi, Bukit Donggia yang panoramanya begitu mengesankan, dengan ketinggian 1400 mdpl, di mana dari situ kita bisa menyaksikan betapa indahnya wilayah kelautan di sana.

Lalu ada Tebing Appalarang yang berupa jejeran tebing curam, cocok untuk Anda yang gemar olahraga ekstrim seperti Cliff Jumping. Kemudian Puncak Pua Janggo, di mana kita bisa melihat hutan dan laut dari tempat yang sungguh strategis. Pantai Ujung Tiro, sebagai titik yang sangat baik untuk melihat panorama bahari dengan air yang sangat jernih, didampingi keelokan berbagai tebing batu di sekitarnya. Lalu tebing Panaikang Birayya, di mana kedalaman lautnya hanya 1,5 meter, yang mana tentunya sangat memudahkan kita untuk melihat keindahan bawah laut, cocok sekali untuk snorkeling. Kemudian Pulau Kambing, yang memang benar-benar tidak ada kambing sama sekali, namun sajian pemandangan bawah lautnya sangatlah indah.

Lanjut ada Pemandian Hila-Hila, yang airnya dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kemudian pulau Liukang Loe, hamparan laut biru cantik yang layak dijadikan persinggahan untuk melihat terumbu serta macam-macam keindahan bawah laut.

Untuk yang lain, ada nama-nama seperti Pantai Samboang dengan pantai putihnya, Tana Beru yang dikenal sebagai desa tempat produksi kapal Pinisi, Pantai Mandala Ria yang terkenal karena menjadi tempat Panglima Mandala memesan 24 kapal Pinisi untuk pembebasan di wilayah Irian Barat beberapa dekade yang lalu, kemudian ada Gua Passea, Pantai Lemo-Lemo, Pantai Kasuso, Pinisi Park, Pantai Marumasa, Perkebunan Karet Lonsu, Pantai Pusahelu, Gua Passohara yang eksotis, Taman Cekkeng yang banyak menebar aroma kedamaian, Pantai Kaluku, dan kawasan Adat Ammatoa.

Jadi, tunggu apalagi? Ajak keluarga atau rekan kantor untuk meninggalkan rutinitas sehari-hari, dan nikmati salah satu kepulauan dengan macam-macam keajaiban tempat berwisata-nya. Indonesia memang keren!