Sensasi Bioskop Terapung, Sajian Hiburan Aman di Tengah Pandemi

Pandemi Covid-19 membuat para pelaku industri kreatif harus bekerja ekstra keras. Berbagai pembatasan menjadi tantangan untuk terus berinovasi. Maka bermunculan konsep hiburan baru yang aman di tengah pandemi. Sebut saja, konser virtual, drive-in konser, hingga drive-in cinema sudah menghiasi dunia hiburan dalam beberapa waktu terakhir. Kini, muncul sensasi unik yang menawarkan konsep baru dalam menonton film. Adalah Bioskop Terapung yang sudah dicoba di beberapa negara, dan mampu menarik animo yang besar dari masyarakat.

Merebaknya Covid-19 di seantero dunia memaksa gaya hidup masyarakat harus berubah. Akrab dengan standar kebersihan yang tinggi serta menjauhi keramaian menjadi hal yang biasa dijalani saat ini. Salah satu kegiatan yang terdampak tentu saja menonton film di bioskop. Sejak virus corona mewabah, tempat yang satu ini terpaksa ditutup untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Hal ini membuat beberapa pihak menyediakan konsep baru untuk menonton film di masa pandemi. Setelah drive-in cinema yang ramai, kini muncul konsep lainnya yakni bioskop apung. Sesuai namanya, para penonton akan menonton film dari perahu-perahu kecil. Konsep ini pertama kali dibuat di Paris, Perancis.

Dilansir dari New York Post, bioskop apung ini akan menyediakan perahu dengan jarak yang telah diatur untuk memungkinkan orang menyaksikan film di atas sungai Seine, Paris. Bertajuk “Cinéma sur I’Eau” atau bioskop di atas air telah dibuka sejak 18 Juli lalu untuk merayakan program Paris Plages. Sebuah program tahunan yang dikelola pemerintah kota untuk menciptakan suasana pandai di sungai Seine sepanjang musim panas.

Di bioskop tersebut, penggemar film akan dapat menikmati pemutaran film gratis yang ditonton dari 38 perahu listrik. Masing-masing perahu dapat menampung dua hingga enam orang, dengan menerapkan protokol jaga jarak sosial.

Konsep bioskop apung juga dipakai di negara lain. Israel menjadi negara berikutnya yang mengadakan konsep tersebut di kota Tel Aviv. Bertempat di perairan danau Tel Aviv, jejeran kapal mengapung untuk menampung penonton guna menyaksikan pemutaran film pada Kamis (20/8) lalu.

Sama seperti di Paris, bioskop apung yang ada di Tel Aviv juga dirancang untuk memungkinkan penonton menyaksikan film dengan jarak yang aman untuk mengatasi penyebaran virus corona.

Amerika Serikat juga dikabarkan akan membuat konsep bioskop apung yang serupa dengan Paris dan Tel Aviv pada September mendatang. Beyond Cinema selaku perusahaan yang mengadakan bioskop tersebut akan menayangkan daftar film yang masuk box office. Selain itu, Beyond Cinema juga akan menyiapkan makanan dan minuman ringan penonton untuk menghadirkan pengalaman yang sama ketika menonton di bioskop asli.

Bioskop apung buatan Beyond Cinema akan dibangun di Orlando, Amerika Serikat pada 13-18 September 2020 mendatang. Kira-kira, konsep bioskop apung akan diadakan di Indonesia juga ngga ya?

Kredit foto: Complex