Teruntuk Para Pecinta Spa, Kini Ada Mandi Air Panas dengan Virtual Reality

Pandemi Covid-19 yang belum usai membuat masyarakat tak bisa keluar rumah. Akibatnya untuk sementara waktu semua aktivitas di luar rumah harus dihentikan sementara. Kegiatan wisata menjadi hal yang paling terpukul karena pandemi. Meski begitu beberapa pemilik hotel spa di Jepang menemukan solusi jitu untuk menyelamatkan bisnis mereka. Yaitu dengan mengunggah rekaman virtual reality pemandian air panas ke platform video, YouTube.

Virus corona telah memukul telak industri pariwisata di seluruh dunia, tak terkecuali Jepang. Dilansir dari The Verge. 90 persen Rykon (penginapan tradisional Jepang dengan pemandian umum) di kota Arima yang terkenal dengan pemandian air panasnya telah ditutup sejak Prefektur Hyogo menetapkan status darurat pada bulan ini.

Imbasnya jelas, hotel-hotel itu pun kehilangan pengunjung dan pemasukan. Untuk menghadapi situasi ini gabungan dari hotel-hotel Rykon itu telah mengunggah video virtual reality (VR) pemandian mereka ke YouTube untuk menghadirkan pengalaman mandi di air panas bagi para pelanggannya selama menjalani isolasi di rumah.

“Pemandian air panas dapat membantu orang-orang untuk menenangkan diri selama karantina di rumah, dan meningkatkan efektivitas dari karantina itu sendiri,” kata perwakilan grup Rykon dikutip dari The Verge.

Sedikit gambaran, video yang diunggah ini menampilkan ruang pemandian yang berbentuk menyerupai bola. Suara air mengalir yang ada juga menambah kesan rileks. Tentunya video yang tayang di YouTube ini memiliki kualitas tinggi sehingga Anda dapat menikmatinya secara maksimal.

Sejauh ini video yang telah dibagikan di YouTube berasal lima Rykon, antara lain  Arima Sansoh Goshobessho, Takayamasou Hanano, Taketoritei Maruyama, Tocen Goshoboh, dan Motoyu Ryuusenkaku.

Berendam di pemandian air panas memang memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Berdasarkan situs Alodokter, aktivitas ini memiliki manfaat di antaranya mengendurkan otot, menenangkan pikiran, membantu untuk tidur lebih nyenyak di malam hari, melancarkan sirkulasi darah, meredakan peradangan sendi, mengeluarkan racun, mengurangi kadar gula, dan meredakan sakit kepala.

Pengalaman berendam di pemandian air panas secara virtual ini dapat Anda nikmati di saluran YouTube Arima Hot-spring Baths VR Tour. Tertarik untuk mencobanya?