10 Tempat Wisata Eksotis di Flores Yang Penuh Pesona

10 Tempat Wisata Eksotis di Flores Yang Penuh Pesona

Pulau yang terkenal dengan keindahan alam yang eksotis ini terdengar sangat memikat hati bagi siapapun yang mendengar maupun membicarakannya. Terletak di Nusa Tenggara Timur, yang lebih dikenal dengan sebutan NTT, Flores menjadi salah satu pulau yang diminati oleh para wisatawan lokal, bahkan mancanegara.

Flores berasal dari kata portugis yaitu “cabo de flores“ yang berarti “Tanjung Bunga”. Nama Flores resmi digunakan sejak 1636 oleh gubernur Hindia Belanda Hendrik Brouwer. Flores menjadi salah satu pulau terbesar di provinsi NTT.

Salah satu yang membanggakan, Flores juga menjadi tempat tinggal salah satu spesies hewan terlangka di dunia yaitu Varanus Komodoensis atau biasa dikenal Komodo Raksasa, yang hidup di Pulau Komodo dan Pulau Rinca yang berada di Kawasan Taman Nasional Komodo.

Jika Anda berencana mengunjungi Flores, kami rekomendasikan 10 tempat wisata eksotis di Flores yang penuh pesona.

1. Taman Nasional Komodo
Pulau Komodo Akan Ditutup untuk Wisatawan - Fajar Indonesia Network
Taman Nasional Komodo. Sumber: fin.co.id

Taman Nasional Komodo terletak di antara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores. Tempat tinggal hewan langka Komodo Raksasa ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. 

Menariknya, di tempat ini terdapat 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan Asia dan Australia, terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 spesies reptilia. 

Di tempat ini Anda juga bisa menikmati keindahan alam serta surga bawah laut yang akan membawa pengalaman baru. Dijamin, perjalanan kalian semakin tak terlupakan. Anda juga bisa melakukan diving, snorkeling, bersampan, hiking, hingga camping. 

Kalian juga bisa menikmati Festival Budaya yang diadakan di sana, di mana waktu yang paling tepat untuk berkunjung adalah bulan Maret. Ada juga Festival Reba, di mana saat yang paling pas untuk berkunjung ke sana adalah bulan Januari.

2. Taman Nasional Kelimutu 
Menelusuri Kelimutu, Danau Ajaib 3 Warna yang Penuh Aura Mistis di ...
Taman Nasional Kelimutu. Sumber: lifestyle.okezone.com

Salah satu tempat wisata menarik lainnya di Flores yang wajib Anda kunjungi adalah Taman Nasional Kelimutu. Terdiri dari bukit dan gunung. Dan, Gunung Kelibara menjadi puncak tertingginya dengan ketinggian 1.731 mdpl.

Di Gunung Kelibara ini Anda bisa melihat keajaiban Danau Tiga Warna yang warna danaunya selalu berubah. Di danau ini tumbuh dan berkembang secara alami berbagai jenis spesies tumbuhan dan lumut. 

3. Pantai Pink 
5 Destinasi Wisata Kece di Kota Bima NTB
Pantai Pink Lombok. Sumber: suara.com

Desiran ombak yang menenangkan hati, kejernihan air laut yang menyegarkan mata anda, dan angin sepoi-sepoi, bisa Anda nikmati di Pantai Pink ini. 

Pasir yang terbentuk oleh pasir putih serta karang yang berwarna merah muda, membuat pantai ini layak menjadi tempat unik yang wajib untuk kalian kunjungi. 

Pantai Pink adalah salah satu dari tujuh pantai di dunia yang juga menjadi satu dari dua pantai di Indonesia yang memiliki pasir berwarna pink. Di mana Pantai Pink satunya lagi berada di Pantai Tangsi Jawa Timur.

4. Pulau Kanawa
Tak Kalah dari Bunaken! Wisata Pulau Kanawa Bisa Jadi Pilihan - Go ...
Pulau Kanawa, Nusa Tenggara Barat. Sumber: gotripina.com

Pulau Kanawa adalah surga tersembunyi di Flores karena keindahannya yang menakjubkan.

Pulau Kanawa bertaburan bintang laut cantik di sepanjang pantainya. Gradasi air laut berwarna biru, pasir putih, dan terumbu karang membuat Pulau tersebut menjadi tempat wisata yang sangat cocok untuk menghilangkan penat dari hiruk piruk kota. 

5. Labuan Bajo
4 Objek Wisata di Labuan Bajo yang Harus Kamu Datengin - Semua ...
Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Sumber: hai.grid.id

Labuan Bajo menjadi sebuah pelabuhan yang menjadi pintu masuk Taman Nasional Komodo. Tempat ini terkenal karena keindahan langitnya. Waktu yang tepat untuk menikmati momen spesial tersebut adalah di bulan April hingga Mei. 

6. Pulau Padar 
6 Fakta Sebelum Menjelajahi Surga Tersembunyi Di Pulau Padar
Pulau Padar, Nusa Tenggara Timur. Sumber: superadventure.co.id

Pulau Padar adalah pulau ketiga terbesar di Kawasan Taman Nasional Komodo. Dipisahkan oleh Selat Lintah, Pulau Padar ini relatif lebih dekat ke Pulau Rinca daripada ke Pulau Komodo. 

Pulau padar menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO karena berada dalam wilayah Taman Nasional Komodo. 

Pulau Padar menjadi salah satu destinasi wisata yang mendunia karena keindahan bukit-bukitnya yang dikelilingi oleh langit biru nan cantik. 

7. Pantai Koka 
UNCOVER INDONESIA: Cantiknya Pantai Koka NTT Bikin Lupa Diri ...
Pemandangan Pantai Koka, Nusa Tenggara Timur. Sumber: lifestyle.okezone.com

Pesona Pantai Koka tidak kalah menarik dengan lokasi wisata lainnya yang ada di Flores. Jika kamu menyusuri jalan Trans Flores dari Maumere menuju Ende, Anda akan menemukan Pantai Koka yang terletak sekitar 2 kilometer dari Trans Flores. 

Tempat ini cocok untuk menikmati panorama pantai berpasir putih bersama keluarga, di mana kalian bisa duduk-duduk sambil swafoto ria di sekitar pantainya. 

8. Gua Liang Bua 
Kepingan Fakta di Liang Bua
Pemandangan Gua Liang Bua. Sumber: travel.detik.com

Gua Liang Bua adalah pemukiman bersejarah yang terletak di dusun Rampasasa, desa Liang Bua, Nusa Tenggara Timur. 

Pada jaman dahulu kala, tempat ini adalah hunian manusia prasejarah dimulai dari zaman batu hingga ke zaman logam awal. Di tempat ini ditemukan spesies Manusia Hobbit bertubuh pendek dengan ukuran 100 sentimeter, dengan berat 25 kilogram.

Selain itu, di tempat ini terdapat penemuan kerangka binatang seperti kadal, kura-kura, dan gajah purba. 

9. Danau Sano Nggoang
Menikmati Pesona Danau Vulkanik Sano Nggoang Labuan Bajo - Paket ...
Danau Sano Nggoang, Nusa Tenggara Timur. Sumber: labuanbajotour.com

Danau vulkanik seluas 513 hektar ini berada di desa Wae Sano. Tempat wisata satu ini menjadi daya tarik karena memiliki kadar belerang yang sangat tinggi.

Di sekitar Danau Sano Nggoang, Anda bisa menunggang kuda dan menikmati pemandangan yang ada di sekitarnya. 

10. Air Terjun Cunca Rami 

Air Terjun Cunca Rami, Oase di Tengah Flores yang Terik - Situs ...
Pemandangan Air Terjun Cunca Rami. Sumber: indonesiakaya.com

Air Terjun Cunca Rami merupakan air terjun yang asri dan eksotis. Di tempat ini Anda bisa merasakan sensasi air terjun yang berada di tengah hutan. 

Nah, itulah tadi 10 tempat wisata eksotis yang ada di Flores. Kira-kira, Anda tertarik mengunjungi yang mana?

Share this article :
Vantage Banner Ads