10 Tempat Wisata Dieng Yang Layak Anda Kunjungi

Siapa yang tidak tahu wisata Dieng, Jawa Tengah. Keindahan yang memikat hati para wisatawan ini sedang ramai diperbincangkan, karena di sana baru saja terjadi fenomena alam Kristal Es atau yang disebut Embun Upas.

Fenomena ini biasanya terjadi pada musim kemarau (Juli & Agustus), di mana suhu udara di tempat ini mencapai 0 °C pada pagi hari. Sebagai info, Dieng memiliki ketinggian rata-rata sekitar 2.000 m di atas permukaan laut. Suhu di tempat ini berkisar 12-20 °C pada siang hari dan 6-10 °C di malam hari.

Arti kata Dieng sendiri berasal dari kata “di”, yang artinya “tempat” atau “gunung” dan “Hyang” yang berarti “Dewa”. Konon katanya Dieng merupakan tempat atau pegunungan tempat bersemayam para Dewa Dewi.

Nah, untuk kamu yang berencana berlibur pasca pandemik, dan siapa tahu berminat mengunjungi tempat ini, berikut “10 Tempat Wisata Dieng Yang Penuh Pesona” yang wajib kalian kunjungi.

1. Telaga Merdada

Telaga Merdada ini merupakan telaga terluas di Dataran Tinggi Dieng. Dengan berlatar belakang bukit, tempat ini cocok untuk kamu yang ingin menyepi di tengah hiruk pikuk kota. Lokasi telaga ini pun terletak diantara dua buah bukit terjal, yakni Pangonan dan Sumurup.

Telaga Merdada | WONOSOBO
Pemandangan Telaga Merdada. Sumber: wisata462.wordpress.com
2. Telaga Warna

Fenomena unik di Telaga Warna menjadi salah satu wisata andalan dan juga populer di Dieng. Kandungan sulfurnya yang cukup tinggi membuat air telaga ini tampak berwarna warni saat Matahari menyinarinya. Nah, bagi kalian yang ingin berkunjung ke tempat ini, waktu yang tepat untuk melihat keindahannya adalah di pagi dan siang hari, karena saat menjelang sore, Telaga Warna ini akan dipenuhi kabut, sehingga Anda dapat dipastikan tidak bisa menikmati keindahan alam tersebut.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Telaga Warna Dieng Wonosobo, Spot ...
Pemandangan Telaga Warna di Dieng. Sumber: dakatour.com
3. Pendakian Gunung Prau

Untuk kalian pecinta gunung, salah satu destinasi yang wajibAnda kunjungi di Dieng adalah Gunung Prau. Terletak pada ketinggian 2.565 mdpl, Gunung Prau ini menjadi gunung dengan puncak tertinggi di Dieng, yang keindahan alamnya yang sangat mempesona. Waktu yang tepat untuk kalian melihat keindahan gunung ini adalah pagi dan sore hari.

Gunung Prau Dieng : Tempat Paling Indah Dan Romantis Untuk ...
Pemandangan Gunung Prau. Sumber: piknikasik.com
4. Batu Pandang Ratapan Angin

Batu Pandang Ratapan Angin ini merupakan dua buah batu besar yang berdampingan dan menjadi lokasi yang strategis, di mana kalian bisa menikmati dua pemandangan sekaligus, yaitu Telaga Warna dan Telaga Pengilon.

10 Gambar Batu Pandang Ratapan Angin Wonosobo, Tiket Masuk, Letak ...
Pemandangan Batu Pandang Ratapan Angin. Sumber: Jejakpiknik.com
5. Telaga Dringo

Telaga Dringo merupakan salah satu telaga tersembunyi di Dieng, karena aksesnya yang menanjak dan tanah bebatuan yang menyelimuti kitarannya. Namun Telaga Dringo layak untuk dinikmati, karena memiliki keindahan alam yang sangat menawan. Ditambah warga sekitarnya yang sangat ramah, plus suhunya yang sangat dingin, membuat tempat ini pantas untuk dikunjungi.

Telaga Dringo Pesona Danau Tertinggi di Jawa Tengah - Jawa Tengah
6. Kawah Sikidang

Tempat ini merupakan destinasi yang cukup terkenal serta populer di kawasan Dieng. Apabila Anda berkunjung ke tempat ini, pastikan membawa masker, karena bau belerang di tempat ini sangat menyengat.

Kawah Sikidang yang Mengagumkan di Banjarnegara Jawa Tengah - Jawa ...
Pemandangan Kawah Sikidang. Sumber: ksmtour.com
7. Candi Arjuna

Candi Hindu ini merupakan peninggalan kerajaan Mataram yang dibangun pada abad ke 8 Masehi oleh Dinasti Sanjaya. Di tempat ini setidaknya memiliki 5 candi yang saling berjajar lurus. 

10 Tempat Wisata di Dieng untuk Dikunjungi Saat Liburan Akhir ...
Pemandangan Candi Arjuna. Sumber: dieng.id
8. Candi Gatot Kaca

Salah satu tempat wisata lainnya yang wajib kalian kunjungi ketika ke Dieng adalah Candi Gatot Kaca. Bagi Anda pecinta sejarah, di sekitar tempat ini terdapat museum Kailasa yang menyimpan cerita sejarah dari Dataran Tinggi Dieng.

Pariwisata Provinsi Jawa Tengah | Destinasi Wisata | CANDI BIMA
Candi Gatot Kaca. Sumber: visitjawatengah.jatengprov.co.id
9. Bukit Sikunir

Tempat yang sangat mempesona untuk pemburu Golden Sunrise adalah Bukit Sikunir. Untuk menyaksikan keindahan ini, kalian disarankan mendaki bukit ini sebelum subuh. Lokasi ini berada Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Bukit Sikunir Dieng - DiengSmart
Pemandangan Bukit Sikunir. Sumber: diengsmart.com
10. Savana Pangonan

Tempat mempesona lainnya yang terdapat di Dieng adalah Savana Pangonan. Tak kalah dengan Bromo, padang savana ini pun menjadi wisata tersembunyi yang ada di Dieng. Terletak di kaki gunung Pangonan, padang savana ini wajib Anda kunjungi jika ingin menikmati padang rumput nan sejuk dengan tetesan embun yang menenangkan. 

Padang Savana Dieng - Harga Tiket & Spot Foto Terbaru 2020
Pemandangan Savana Pangonan. Sumber: sikidang.com

Nah, ini dia “10 Tempat Wisata Dieng Yang Penuh Pesona”. Jadi, Anda tertarik berkunjung ke mana?