Ubud Bali Kembali Masuk Jajaran Kota Terbaik di Dunia

Keindahan Bali sebagai destinasi wisata tak perlu diragukan lagi. Popularitasnya sudah tersebar ke seluruh dunia, bahkan melebihi negara Indonesia sendiri. Berbagai prestasi kelas dunia sudah beberapa kali diraih oleh Pulau Dewata. Setelah salah satu hotelnya terpilih sebagai hotel terbaik di dunia, kini giliran salah satu kotanya yang meraih status serupa. Ya, Ubud terpilih untuk masuk dalam daftar kota terbaik di dunia untuk para traveler. Penghargaan ini dianugerahi dalam World’s Best Awards 2020 versi Travel+Leisure.

Bali kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia setelah Ubud masuk dalam daftar 25 Kota Terbaik di Dunia atau World’s Best Cities dalam penghargaan yang dianugerahi oleh Travel+Leisure, sebuah majalah wisata terkemuka yang berbasis di New York, Amerika Serikat (AS).

Penghargaan ini telah melakukan survei secara tertutup pada 2 Maret 2020 lalu, tepat sebelum pandemi Covid-19 mewabah di seluruh dunia. Survei tersebut melibatkan para pembaca yang diminta untuk memberikan pengalaman wisatanya sebelum pandemi melanda.

Dalam poling yang dilakukan, salah satu pertimbangan yang menjadi penilaian adalah lingkungan di perkotaan yang menyuguhkan pengalaman tak terlupakan bagi para pembaca situs tersebut. Dilansir dari Travel+Leisure, kota Oaxaca, Meksiko menjadi kota dengan nilai tertinggi dengan skor 93,54. Torehan tersebut juga menempatkan Oaxaca di posisi pertama kota terbaik dunia.

Pemilihan Oaxaca sebagai kota terbaik tak lepas dari keindahan yang ditawarkannya mulai dari seni, arsitektur, makanan, sejarah, hingga minuman beralkohol yang berkualitas tinggi.

Oaxaca memiliki museum seni modern yang dibangun pada abad ke-17 dan menyimpan situs arkeologi Pra-Kolombia yang mengesankan.

Terpilihnya Ubud

Sementara Ubud dalam daftar tersebut berada di peringkat ke sembilan. Wakil Indonesia itu meraih nilai sebesar 88,16. Diketahui posisi tersebut turun dua peringkat dari tahun lalu. Masuknya Ubud ke dalam penghargaan kota terbaik dunia disinyalir karena suasana pedesaan yang menampilkan hamparan sawah dengan model terasering yang memanjakan mata.

Selain itu, Ubud juga menjadi salah satu pusat kesenian tradisional di pulau Dewata. Banyak ditemui galeri seni, arena pertunjukan musik hingga panggung tari yang digelar hampir setiap malam di penjuru desa. Maka tak heran bila wisatawan banyak disuguhkan hal menarik bila berkunjung ke Ubud.

Berikut daftar 25 Kota terbaik di Dunia 2020 versi Travel+Leisure

1. Oaxaca, Meksiko

2. San Miguel de Allende, Meksiko

3. Hoi An, Vietnam

4. Chiang Mai, Thailand

5. Florence, Italia

6. Kyoto, Jepang

7. Udaipur, India

8. Luang Prabang, Laos

9. Ubud, Indonesia

11. Istanbul, Turki

12. Bangkok, Thailand

13. Roma, Italia

14. Jaipur, India

15. Tokyo, Jepang

16. Siem Reap, Kamboja.

17. Lisboa, Portugal.

18.Charleston, Carolina Selatan, AS.

19. Cuzco, Peru.

20. Porto, Portugal

21. Singapura.

22. New Orleans, AS.

23. Sevilla, Spanyol.

24. Merida, Meksiko

25. Krakow, Polandia.