Agar Tetap Waras di Tengah Pandemi

Di kala pandemi Covid-19 seperti saat ini banyak orang mulai begitu peduli terhadap kesehatan. Di mana mereka mulai berolahraga secara teratur, dari olahraga ringan hingga sedang. Olahraga yang tengah ramai menjadi pilihan banyak orang adalah bersepeda. Tapi sebenarnya masih banyak olahraga lain yang bisa dilakukan pada masa pandemi saat ini.

Sesudah penyebaran virus covid-19 di Maret 2020 kemarin, banyak orang harus merubah kebiasaannya. Yang harus diperhatikan untuk menghadapi masa pandemi ini adalah tetap bertahan di rumah sambil terus memperhatikan kesehatan.

Segala kegiatan diubah untuk bisa dilakukan hanya di rumah saja agar tidak tertular dan tak saling menulari virus. Meskipun di rumah, Anda harus dapat terus menjaga kesehatan tubuh. Ada beberapa upaya untuk tetap sehat di rumah selama masa pandemi. Berikut di antaranya.

Jika Anda ingin tetap sehat selama masa pandemi Covid-19 ini, maka perhatikanlah asupan makanan. Jangan mengkonsumsi makanan yang akan menurunkan sistem imunitas tubuh. Lebih baik memilih makanan-makanan yang bergizi. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, tentunya dapat mendukung sistem daya tahan tubuh selama masa pandemi.

Ternyata ada kemungkinan makanan bergizi saja tidak cukup memastikan tubuh agar tetap sehat pada masa pandemi. Anda dapat memberikan dukungan kesehatan dengan lebih baik lagi melalui konsumsi vitamin.

Terdapat banyak jenis vitamin di mana Anda bisa dengan mudah mendapatkan pasokannya. Jadi, konsumsilah vitamin dengan rutin.

Jangan menyepelekan pentingnya mencuci tangan. Cuci tangan dengan bersih adalah upaya ampuh untuk mencegah penyebaran Corona.

Kebersihan lingkungan dan diri Anda pun menjadi hal yang sangat harus diperhatikan agar tidak ada virus yang menyebar di sekitar.

Penggunaan masker juga masih menjadi upaya utama agar tetap sehat di masa pandemi. Sebaiknya selalu mengenakan masker ke mana pun Anda pergi.

Khususnya untuk Anda yang berada di lingkungan umum. Jangan sampai Anda salah juga mengenakan masker dan membuatnya menjadi tidak berfungsi.

Satu lagi upaya tetap sehat yang harus Anda lakukan adalah rutin berolahraga. Olahraga bisa dilakukan walau hanya di rumah. Ada banyak jenis olahraga yang juga menjadi favorit masyarakat beberapa waktu terakhir.

Seperti yang Anda rasakan, semakin banyak orang yang memilih untuk menjaga tubuh tetap fit dengan bersepeda. Namun jika Anda tetap ingin bersepeda, tetaplah perhatikan protokol kesehatan yang disarankan oleh pemerintah. Jika Anda bersepeda secara bersama-sama, maka Anda sama saja telah melanggar protokol untuk tidak berkumpul-kumpul.

Berikutnya, Anda juga bisa melakukan olahraga yang satu ini selama masa pandemi. Khususnya bagi Anda yang benar-benar tidak ingin keluar dari rumah jika tidak perlu, maka bisa melakukan yoga di rumah.

Yoga adalah jenis senam yang hanya menggunakan karpet yoga. Manfaat dari yoga pun sangat banyak, khususnya di masa pandemi ini bisa sangat membantu Anda mendapatkan ketenangan pikiran. Jadi yoga memang menjadi favorit olahraga akhir-akhir ini.

Anda juga sangat disarankan untuk berolahraga yang tidak membutuhkan banyak alat seperti jogging. Itulah juga alasannya mengapa jogging sangat diminati dan menjadi favorit beberapa waktu belakangan. Anda tidak perlu melakukan jogging terlalu jauh dari lingkungan rumah Anda.

Cukup mengitari rumah saja beberapa kali, Anda bisa mendapatkan manfaat dari jogging ini. Khususnya jantung Anda akan lebih sehat dan peredaran darah Anda akan lebih lancar.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, olahraga di masa pandemi ini sebaiknya adalah olahraga yang tidak membutuhkan banyak alat. Anda cukup melakukan beberapa gerakan untuk berolahraga jumping jack ini.

Tahapan gerakan tersebut antara lain adalah mulai dengan berdiri tegak dan kaki serta tangan rapat ke tubuh. Setelah itu, angkatlah kedua tangan ke atas sambil melompat dan merenggangkan kedua kaki Anda. Ulangi gerakan ini minimal sebanyak 8 kali.

Lompat tali dapat Anda lakukan di rumah asalkan mempunyai tali untuk melompat. Jika tidak memiliki skipping rope, Anda bisa menggunakan tali tambang bahkan karet gelang seperti permainan zaman dahulu. Anda bisa memegang kedua ujung tali dan melompatinya sebanyak mungkin sebagai olahraga tubuh Anda.

Banyak juga yang menjadikan kegiatan menari sebagai olahraga favorit di masa pandemi. Seperti diketahui, terus menerus di rumah bisa membuat seseorang merasa bosan. Namun dengan menari, Anda bisa melakukan berbagai gerakan yang berbeda dengan lagu-lagu yang berbeda juga.

Jadi Anda bisa sekaligus berolahraga dan merasa gembira dengan aktivitas ini. Tidak perlu lagi Anda merasa bosan karena terus tinggal di rumah.