Tequila Bisa Menurunkan Berat Badan

Berat badan merupakan salah satu hal yang krusial dalam struktur kesempurnaan tubuh seseorang. Kelebihan berat badan bisa jadi satu masalah yang menggangu. Maka dari itu banyak orang yang mempunyai berat badan berlebih mencari dan mencoba berbagai cara untuk menurunkan beratnya. Olahraga dan diet menjadi salah dua cara yang umum dilakukan. Tapi, bagaimana jadinya kalau minuman beralkohol macam tequila bisa menurunkan berat badan?

Menurut Mike Morales, seorang ahli tequila yang juga blogger di laman Tequila Aficionado, ada dua cara terbaik untuk menikmati sensasi meminumnya. Pertama, gunakan gelas yang tepat karena itu hal terpenting. Kedua, diamkan dalam gelas. Usahakan minuman berada dalam gelas untuk “mekar” atau bernapas selama setidaknya 15-20 menit. Setelah kedua hal dilakukan, minumlah dengan sekali tegukan.

Jika ada yang belum mengetahui, tequila mengandung probiotik dan prebiotik (bakteri baik dalam usus yang bertanggung jawab atas sebagian besar sistem kekebalan tubuh). Menurut penelitian yang dipresentasikan di American Chemical Society, mengkonsumsi tequila mungkin bisa membantu menurunkan berat badan. Hal itu bisa terjadi dikarenakan di dalamnya juga terkandung pemanis agavin.

Tequila dibuat menggunakan tanaman agave yang mengandung gula dan disebut agavin. Agavin ini jenis gula yang tidak bisa dicerna, yang artinya tubuh tidak benar-benar menyerap gula tersebut. Berbeda dengan gula sederhana yang biasa dipakai untuk memasak atau bumbu makanan, yang dimana kadarnya cukup tinggi dan bisa menyebabkan penyakit seperti diabetes. Agavin juga bisa meningkatkan level peptide yang disebut GLP-1 (glucagon-like peptide-1) yang memicu produksi insulin dalam tubuh.

Agavin juga merupakan jenis serat yang bisa membuat perut seseorang merasa kenyang dan mengurangi nafsu makan. Agavin ini juga bisa membantu kontrol gula dalam tubuh. Tapi yang perlu diingat, agavin bukan satu-satunya kandungan yang bisa masuk ke dalam tubuh ketika kita meminum tequila. Ada juga kandungan alkohol yang lain.

Tequila diketahui juga bisa membantu menenangkan syaraf dan bisa juga membantu orang yang mengalami insomnia, serta dapat juga menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Namun, harus dalam takaran sedikit menuju sedang. Jika terlalu banyak, tequila sudah pasti bisa memabukan untuk peminumnya. Jadi harus bijak meminumnya.