Cuci Piring Terbukti Ampuh Menurunkan Stres, Apalagi Kalau Kelamaan WFH Begini

Keharusan untuk tetap di rumah selama pandemi mulai membuat sebagian orang merasa jenuh. Menjalani rutinitas yang itu-itu saja pastinya sudah cukup membuat mood menurun. Mungkin Anda telah mengakalinya dengan menonton banyak film atau bermain games. Namun bila stres belum kunjung reda, cobalah ikuti saran dari ilmuan yang menyarankan untuk mencuci piring. Yup, aktivitas yang satu ini konon katanya bisa meredakan stres.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas mencuci piring dapat menghilangkan stres. Dilansir dari Time, penelitian yang dilakukan oleh para peneliti asal Florida State University, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa kegiatan rumahan ini ternyata berdampak positif bagi hati dan pikiran. Secara tak langsung, dengan mencuci piring dapat meredakan stres yang sedang Anda rasakan.

Penelitian tersebut telah dipublikasikan di jurnal Mindfulness pada 2015 silam. Pada prosesnya, para peneliti melakukan percobaan kepada 51 siswa. Kemudian mereka dibagi menjadi dua kelompok dan memiliki tugas yang serupa yaitu mencuci piring.

Sebelum memulai mencuci, kelompok pertama diberikan perintah untuk memperhatikan peralatan apa saja yang akan dicuci, dan peralatan pendukung seperti sabun yang digunakan, suhu air keran, dan memperhatikan desain dari piring dan berbagai peralatan lain yang akan dicuci. Sedangkan kelompok lainnya diberi instruksi untuk melihat barang yang akan dicuci tanpa harus memperhatikan detil-detil kecil seperti kelompok pertama tadi.

Meski arahan yang diberikan terdengar sepele, ternyata dengan memperhatikan hal-hal kecil sebelum mencuci piring menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Terbukti pada hasil penelitian yang menyatakan bahwa orang-orang yang mencuci piring dengan penuh perhatian, penghayatan, dan konsentrasi selama kegiatan berlangsung, berhasil meningkatkan daya imajinasi sebesar 25 persen dan menurunkan rasa khawatir sebesar 27 persen.

“Saya tertarik dengan bagaimana kegiatan yang biasa pada hidup ini, dapat digunakan untuk menjadikan pikiran kita dalam keadaan penuh sadar atau konsentrasi. Dengan demikian, secara keseluruhan hal ini dapat meningkatkan perasaan positif pada diri kita. Tampaknya, kegiatan sehari-hari yang diakukan dengan penuh perhatian, kesadaran, dan penghayatan dapat meningkatkan suasana hati,” ujar Adam Hanley, salah satu peneliti dilansir dari Time.

Selama pandemi ini belum mereda, perasaan stres harus ditangani di kediaman Anda masing-masing. Bila mencuci piring adalah salah satu solusi, jangan menunda diri untuk mencobanya. Semoga berhasil!