Masa Pandemi Membuat Berkebun Menjadi Kegiatan yang Menyenangkan

Kewajiban untuk menjalani kegiatan dari rumah selama pandemi membuat banyak orang dilanda rasa jenuh yang besar. Maka tak heran bila berbagai hobi baru bermunculan di momen karantina mandiri. Salah satu kegiatan yang cukup diminati saat pandemi adalah berkebun di rumah. Kini tersedia metode berkebun yang mudah dan tak memerlukan lahan yang luas. Hal ini menjadikan berkebun menjadi hal yang mungkin dilakukan sendiri di rumah.

Merebaknya virus corona memaksa masyarakat untuk mengalihkan seluruh kegiatannya di rumah. Hal ini membuat banyak orang merasakan kejenuhan karena tak bisa berpergian ke berbagai tempat. Untuk membasmi rasa jenuh, banyak hobi yang akhirnya menjadi tren baru di tengah pandemi. Mengikuti kursus online, belajar memasak, hingga berolahraga menjadi kegiatan yang dipilih untuk menghabiskan waktu. Satu kegiatan lainnya yang turut diminati adalah berkebun di rumah.

Dilansir dari Katadata.co.id, berkebun menjadi kegiatan yang sangat digemari saat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan selama bulan Ramadan. Hal ini terlihat dari penjualan alat berkebun yang mengalami peningkatan di salah satu marketplace terbesar di Indonesia.

Selain itu, berkebun saat ini bisa dilakukan secara mudah dan hanya membutuhkan sedikit ruang. Metode berkebun secara hidroponik menjadi solusi bagi mereka yang ingin berkebun namun tak memiliki lahan yang cukup. Hidroponik sendiri adalah cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah dan hanya memerlukan sedikit air.

Panduan Sederhana Cara Menanam Hidroponik | BukaReview
Sistem berkebun hidroponik. Sumber: review.bukalapak.com

Sistem berkebun hidroponik sendiri bisa dilakukan dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang tidak terpakai seperti botol ataupun kain. Dengan memakai peralatan ini, sistem hidroponik bisa diaplikasikan untuk menanam aneka tumbuhan sayuran seperti kangkung, selada, sawi, cabai, dan lainnya.

Melihat hasil di atas, berkebun di rumah bisa menjadi hal yang produktif bila dilakukan dengan benar. Hasil dari yang dipanen dapat menjadi bahan masakan untuk dikonsumsi sendiri di rumah. Selain itu dari segi kesehatan, berkebun bisa menghadirkan beberapa manfaat yang bisa dirasakan sendiri.

Dilansir dari Hello Sehat, setidaknya ada lima manfaat kesehatan yang bisa didapat dalam berkebun. Di antaranya yaitu menurunkan berat badan, menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan otak dan meningkatkan koordinasi dan kekuatan tangan.

Kredit foto: USA Today