Cara Alami Mengatasi Milia, Benjolan Kecil Seperti Jerawat yang Mengganggu Penampilan

Mungkin di antara kamu, belum banyak yang tahu nih apa itu milia. Milia adalah sekumpulan kista milium yang muncul di pipi, hidung, bahkan di kemaluan. Tidak berbahaya sih, namun munculnya Milia seringkali membuat kamu kurang percaya diri karena sangat mengganggu penampilan.

Milia ini muncul ketika keratin terperangkap di dalam kulit. Keratin adalah protein kuat yang dapat ditemukan di dalam jaringan kulit, rambut, dan sel kuku. Pada umumnya, semua orang dapat mengalami kondisi ini, namun milia sering kali terjadi pada bayi baru lahir.

Pada orang dewasa, salah satu penyebab munculnya Milia adalah kerusakan akibat sinar matahari jangka panjang. Milia dapat berkembang, apabila kulit kehilangan kemampuan untuk mengelupas secara alami.

Nah jangan khawatir, ada beberapa cara alami nih yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan milia.

Madu
Madu dipercaya dapat membantu menjaga kelembaban kulit karena memiliki sifat antioksidan, asam amino dan vitamin yang mengandung antibakteri serta anti inflamasi yang mampu mengelupas kulit secara lembut untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Caranya cukup mudah, cukup oleskan madu murni ke seluruh permukaan wajah selama 15-20 menit, setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan ini setiap hari sebelum tidur, sampai milia di wajah kamu mulai menghilang.

Lemon
Lemon mengandung vitamin C dan juga asam sitrat yang mampu mengatasi milia. Tidak hanya itu, lemon juga dapat mencerahkan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Cara pemakaian lemon ini sangatlah mudah, cukup peras buah lemon lalu tambahkan sedikit garam, setelah itu aplikasikan ke permukaan kulit yang terkena milia selama 15-20 menit, setelah itu bilas dengan air hangat. Terapkan cara ini setiap hari sebelum kamu tidur ya.

Lidah Buaya
Selain lemon, lidah buaya juga memiliki kandungan antioksidan, penyembuh dan penenang serta anti peradangan kulit. Caranya sangat mudah, cukup ambil gel di dalam lidah buaya, dan oleskan pada permukaan kulit yang terkena milia, dan biarkan hingga meresap. Untuk kamu yang tidak mau repot mengupas daun lidah buaya, kamu bisa membeli produk kecantikan yang mengandung ekstrak lidah buaya.

Gula Pasir
Salah satu cara untuk menghilangkan milia adalah eksfoliasi dengan Gula Pasir. Gula pasir merupakan bahan alami untuk scrub yang dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati, dan menghilangkan milia dari wajah anda. Agar semakin efektif, kamu bisa menggunakan madu atau perasan air lemon yang dikombinasikan dengan gula pasir.

Kentang
Selain lidah buaya, sumber pangan yang kaya akan pati ini juga mengandung anti-oksidan yang mampu melawan Milia dan mengangkat sel kulit mati. Caranya sangat mudah, cukup bersihkan kentang yang sudah dikuliti lalu diamkan di kulkas hingga dingin. Setelah itu, parut kentang dan olesi di wajah yang terkena milia. Lakukan cara ini 2 hingga 3 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Telur
Telur dipercaya mampu menghilangkan milia, karena mengandung vitamin A yang mampu mempercepat proses pergantian kulit. Caranya sangat mudah, cukup ambil bagian putih telur setelah itu campurkan ½ sdt minyak almond dan 1 sdm madu, aduk hingga rata. Aplikasikan cara ini setidaknya seminggu 3 kali untuk hasil yang maksimal.

Itulah cara alami mengatasi Milia. Selamat mencoba ya!