Terima Kasih Kelas Online Gratis, Kalian Adalah Bukti Bahwa Pandemi Tak Selamanya Buruk

Momen pandemi saat ini membuat sebagian besar manusia dilanda perasaan khawatir akan kelanjutan hidupnya. Mewabahnya pandemi seakan menjadi bencana besar yang menghancurkan banyak kehidupan di luar sana. Ada yang kehilangan mata pencaharian, tak bisa bertemu keluarga, dan banyak lagi nasib buruk lainnya. Terdengar menyedihkan, namun di balik muramnya nasib, sebenarnya masih ada secercah harapan yang tersedia. Kini banyak praktisi atau perusahaan yang secara cuma-cuma memberikan ilmu bermanfaat melalui kelas online gratis. 

Masa pandemi telah menjadi malapetaka bagi sebagian besar orang. Mewabahnya Covid-19 membawa kehidupan ke dalam situasi yang belum pernah diperkirakan sebelumnya. Harus menjalani karantina berbulan-bulan lamanya di rumah, tentu menghambat banyak aktivitas normal yang biasa dilakukan. Dampaknya pun telah terasa, banyak orang yang kehilangan penghasilan, kesulitan memenuhi kebutuhannya, hingga tak bisa menemui keluarga di kampung halaman.

Segala kendala tersebut menjadi ujian besar saat pandemi ini masih mewabah. Meski begitu, sebenarnya ada satu harapan yang muncul saat ini. Ya, banyak kelas online gratis yang tersedia secara cuma-cuma untuk Anda yang ingin meningkatkan kemampuan dan kualitas diri saat menjalani karantina di kediaman masing-masing.

Kelas online ini pun topik pembahasannya sangat beragam. Sejauh yang terlihat, hampir di setiap bidang baik industri kreatif maupun industri formal memiliki praktisi yang membagikan ilmunya secara cuma-cuma. Bagi Anda yang tertarik dalam dunia musik contohnya, tersedia webinar yang membagikan ilmu tentang produksi musik profesional yang dapat Anda lakukan dari rumah.

Atau bagi Anda yang tertarik untuk mendalami kemampuan di bidang media sosial maupun pemasaran digital, ini adalah saat yang tepat untuk belajar, karena banyak praktisi yang tak segan membagikan ilmu serta pengalamannya. Bahkan institusi pendidikan kelas dunia macam Universitas Harvard dan Stanford menyediakan kursus gratis di periode pandemi ini. Menarik sekali, bukan?

Selain kedua bidang tadi, masih banyak kelas online gratis di bidang lainnya yang tersedia saat momen pandemi ini. Sekadar tips, coba ikuti akun-akun di instagram yang memiliki konten edukatif dan inspiratif, dari sana biasanya tersedia jadwal kelas online yang bisa Anda ikuti secara gratis.