Jangka Waktu Menikmati Wine Setelah Botolnya Dibuka

Ada dua kemungkinan ketika kita memutuskan membuka botol minuman beralkohol untuk pertama kalinya. Langsung diminum habis sampai titik terakhir di saat yang sama, atau disisakan untuk dikonsumsi di waktu yang berbeda. Tapi, kenikmatan rasa tiap minuman memiliki jangka waktu yang berbeda ketika botolnya sudah dibuka, salah satunya adalah wine. Lalu, berapa lama rasa enak dari sebotol wine bisa bertahan ketika sudah tak tersegel lagi? apakah kualitas wine tersebut bisa berubah?

Wine yang sudah dibuka sehari pun sebetulnya bisa tak lagi jadi enak untuk dinikmati jika bukanlah natural wine yang stabil. Jika botol wine ditutup dengan baik setelah dibuka pertama kali, sebotol red wine atau white wine bisa bertahan untuk 2-5 hari saja. Untuk sparkling wine, maksimal daya tahan dan masih enak untuk dikonsumsi adalah selama 3 hari. Karena idealnya wine diminum sampai habis setelah dibuka.

Bagaimana jika sehabis minum dan masih tersisa lumyan banyak kita lupa menutupnya dalam waktu yang cukup lama (misalkan semalaman)? Hal yang harus diperhatikan pertama kali adalah warnanya. Kalau warnanya berubah dari yang awalnya cerah menjadi agak kecoklatan, berarti memang rasanya sudah tidak enak dan tidak layak untuk diminum lagi.

Perubahan warna tersebut menandakan telah terjadi oksidasi, yang mana berpengaruh dengan rasa yang jadi tidak enak. Misalnya, ada rasa apel busuk pada white wine atau seperti rasa cuka apel pada red wine.

Selain warna dan rasa, perhatikan juga aroma wine sebelum meminumnya jika sebuah wine sudah pernah dibuka dan didiamkan beberapa hari. Hal itu untuk menghindarkan kita meminum wine yang mungkin sudah tidak layak dikonsumsi.

Agar kualitas wine tetap terjaga, hendaklah selalu menutup wine dengan gabus setelah kita membuka dan menuangkan ke dalam gelas dari pada membiarkannya terbuka dalam waktu yang lama.

Selanjutnya, simpanlah wine di dalam kulkas atau mesin pendingin agar kualitas wine tidak terpapar oksigen, panas, atau cahaya. Terakhir, jangan pernah meminum wine yang sudah tidak dalam kondisi terbaik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.