Gak Apa Apa Kok, Kalau Kamu Menolak Undangan Teleconference Dari Teman

Gak Apa Apa Kok, Kalau Kamu Menolak Undangan Teleconference Dari Teman

Aktvitas work from home memang membuat kita dimungkinkan untuk beraktivitas lebih mudah, salah satunya adalah berkomunikasi. Dengan aplikasi video conference seperti Zoom dan Skype, komunikasi tetap lancar meski dilakukan dari jarak jauh. Namun aktivitas ini tak selamanya menyenangkan. Justru dengan kemudahan ini, rasa lelah malah lebih cepat muncul karena ajakan teleconference yang terus menerus datang. Ada baiknya kita memberi sedikit waktu untuk diri agar beristirahat. Karena dengan berdiam diri di rumah saja, sudah cukup membuat stres, kan?

Keharusan untuk melakukan karantina di rumah memang memberikan beberapa keuntungan. Untuk bekerja, tak perlu berdandan yang rapi dan bergegas pergi kantor. Selain itu bila ada keperluan untuk meeting, bisa dilakukan secara virtual dengan aplikasi Zoom, Skype, atau aplikasi sejenis lainnya.

Namun dibalik kemudahan tadi, karantina telah menambah beban stres pada pikiran kita secara tak sadar. Rasa jenuh dan bosan kerap hadir karena tak bisa keluar rumah. Selain itu, karantina di rumah juga berakibat pada tambahan pekerjaan yang selalu hadir tanpa kenal batas waktu. Ini pun membuat rasa lelah menjadi cepat memuncak ketika di rumah.

Belum lagi jika kita harus meladeni ajakan untuk mengobrol bersama teman melalui teleconference. Kadang hal ini menjadi sulit karena kita sudah lelah bekerja namun tak bisa menolak ajakan untuk bergabung dalam obrolan tersebut. Melihat fenomena ini, para ahli sebenarnya menyarankan untuk memberi sedikit waktu untuk mengistirahatkan pikiran dengan menolak undangan teman dalam teleconference

“Menjalani karantina telah menambah lapisan stres emosional, bersama dengan tugas kantor, memasak lebih banyak, dan mungkin mengajari anak-anak kita, atau mengawasi kelas online mereka,” ujar Susan Newman, seorang psikolog sosial dilansir dari Huff Post.

Memang dalam situasi karantina sekarang ini, bersosialisasi dengan teman bisa jadi hal yang menyenangkan untuk pikiran. Namun lain halnya bila Anda sedang tak ingin untuk mengobrol karena lelah setelah seharian bekerja.

“Pilihlah undangan yang kita dapatkan, dan pastikan itu sesuai dengan jadwal kita, bukan orang lain, atau kita akan menyesal. Perawatan diri harus menjadi prioritas utama, sehingga kita memiliki energi dan waktu untuk memenuhi semua tuntutan yang dibuat selama periode jarak sosial ini,” tambah Newman.

Bila Anda sulit membuat alasan untuk menolak ajakan teman, cobalah untuk mengumpulkan keberanian untuk mengatakan tidak pada apapun yang bisa membuat kita lebih buruk, dari situ Anda pun bisa memiliki alasan kuat untuk menolak ajakan untuk mengobrol secara virtual yang akan membuat Anda semakin stres.

So, apakah Anda siap untuk menjaga diri sendiri?

Share this article :
Vantage Banner Ads