The Beatles, Blink 182, Rush, dan Blondie Adalah Nama Band Yang Paling Sering Dipakai Sebagai Password

Pada jaman serba digital sekarang ini, segala kebutuhan dilaksanakan melalui platform online. Sebut saja berkomunikasi, bekerja, belanja, hingga bermain dapat dilakukan secara daring. Oleh karena itu penting sekali untuk menjaga keamanan data Anda di akun online apapun. Salah satu caranya adalah segera mengganti kata sandi apabila masih memakai penggalan dari nama.

Pemakaian password atau kata sandi saat ini menjadi vital ketika melakukan aktivitas secara online. Baik mengakses media sosial, berbelanja online hingga melakukan pekerjaan. Tentu dalam melakukan aktivitas itu, ada keharusan mengisi beberapa data pribadi untuk mengakses berbagai layanan online tersebut. Maka dari itu password menjadi vital karena berfungsi untuk menjaga data pribadi Anda.

Namun dengan semakin canggihnya teknologi saat ini, seringkali ditemui kasus pembobolan password oleh oknum hacker jahat. Mereka dengan mudahnya membobol kata sandi untuk mengakses data pribadi banyak orang. Maka dari itu, penting sekali membuat password dengan kombinasi yang sulit untuk ditebak. Jangan sekali-kalinya untuk menggunakan penggalan nama dalam kombinasi password Anda, bahaya.

Dikutip dari Mashable, sebuah perusahaan keamanan siber bernama ID Agent telah menganalisa bahwa banyak ditemukan kumpulan password yang terdiri dari kombinasi nama orang, tim olahraga favorit, kota, ataupun band.

Perusahaan tersebut juga menemukan fakta bahwa telah tersebar sekitar 2 miliar password dibagikan melalui situs dark web. Dari temuan ini didapatkan beberapa kesamaan dari kumpulan password yang telah dicuri. 

Berdasarkan daftar yang telah didapatkan, banyak akun yang menggunakan nama depan sebagai password. Pilihan ini jelas kesalahan karena memiliki kemungkinan tinggi untuk diretas. Sekalipun kata sandi ini digunakan sebagai akun anonim, sedikit celah yang didapatkan oleh hacker akan menuntun mereka untuk menemukan akun yang benar-benar menggunakan nama asli Anda.

Satu nama yang paling sering dijadikan password adalah George. Adapun nama lainnya yang sering dipakai yakni Michael, Huntler, Charlotte, dan Matthew. Nama kota juga kerap kali digunakan untuk membuat sebuah kata sandi. Untuk alasan keamanan, sepertinya pilihan kota jangan digunakan. Karena nama kota seperti Dallas juga ditemukan sebagai pilihan yang sering dipakai untuk password

Pilihan lainnya yang sering digunakan sebagai kombinasi kata sandi adalah nama band. The Beatles, Blink 182, Rush, dan Blondie menjadi nama band yang sering dipilih. Bahkan tokoh kartun atau superhero seperti Tigger, Snoopy, Mickey, Superman, dan Batman adalah nama yang paling sering dipakai.

Seiring gencarnya pemakaian layanan online di saat pandemi sekarang ini, penting sekali untuk menjaga keamanan akun pribadi Anda. Apalagi setelah muncul pemberitaan pembobolan data pengguna di salah satu marketplace besar di tanah air. Jadi, ingat-ingat kata sandi Anda, apakah masih aman dari kemungkinan di bobol atau masih mengandung nama Anda sendiri?