Jangan Dulu ke Dokter, Skrining Riwayat Kesehatan Anda di Aplikasi Mobile JKN

Segenap tenaga medis kini sedang berjibaku menghadapi pandemi Covid-19. Semua fokus dan perhatian tercurah para penyakit baru nan mematikan itu. Klinik atau rumah sakit praktis menjadi tempat yang lebih sulit “diakses” di saat genting sekarang ini. Permasalahannya, bagaimana jika kita merasa tak sehat dan membutuhkan pertolongan? Mungkin Skrining Riwayat Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN bisa jadi pertolongan pertama.

Di saat virus corona sedang menyebar luas seperti saat ini, banyak dari kita yang memilih untuk berdiam diri di kediaman untuk alasan keamanan dan kesehatan. Banyak kegiatan yang akhirnya harus dilakukan tanpa berpergian. Salah satunya adalah mendeteksi kesehatan tubuh yang dapat dilakukan melalui smartphone, melalui fitur Skrining Riwayat Kesehatan di aplikasi Mobile JKN.

Dilansir dari laman resmi BPJS Kesehatan, Layanan online di aplikasi Mobile JKN ini bermanfaat untuk mengetahui potensi risiko terhadap empat penyakit yakni Diabetes Melitus, Hipertensi, Ginjal Kronik dan Jantung Koroner. Hal ini sangat diperlukan mengingat bahwa mayoritas masyarakat baru sadar mereka mengidap penyakit tersebut ketika sudah mencapai fase lanjut. Maka dari itu penting sekali untuk Anda melakukan skrining kesehatan setidaknya satu kali selama setahun.

Layanan skrining ini bisa diakses melalui aplikasi Mobile JKN. Jika Anda telah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) maka yang dapat dilakukan adalah mengisi data JKN-KIS dan data diri lainnya. Setelah itu Anda akan dipersilahkan untuk menjawab soal-soal yang berkaitan dengan pribadi seperti kebiasaan atau aktivitas sehari-hari, penyakit yang pernah diidap, riwayat penyakit dalam keluarga, dan pola makan rutin.

Dari jawaban yang Anda berikan, maka akan terlihat hasil dari analisa riwayat kesehatan pada saat itu juga. Apabila hasilnya adalah risiko rendah, maka Anda akan diingatkan untuk tetap menjaga pola hidup sehat dan berolahraga secara rutin minimal 30 menit setiap hari. Berbeda bila hasil yang didapat adalah risiko sedang atau tinggi. Anda akan disarankan untuk berkonsultasi ke Fasilitas Kesehatan (Faskes) Tingkat Pertama untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut terkait hasil skrining riwayat kesehatan dan melakukan tes gula darah bila memang di perlukan.

Selain untuk deteksi kesehatan dini, aplikasi Mobile JKN juga dibekali fitur-fitur yang memudahkan peserta JKN-KIS untuk memperoleh pelayanan kesehatan. Urusan registrasi atau pemindahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan, hingga melihat jadwal tindakan operasi.

Tertarik untuk mencobanya? Aplikasi Mobile JKN bisa Anda unduh melalui Google Play Store dan Apple App Store.