Timnas Inggris Lolos ke Euro 2020 di Pertandingan ke-1000

Timnas Inggris mengamankan satu tempat di putaran final Euro 2020 setelah menghempaskan Montenegro dengan skor telak 7-0 di Wembley, Jumat (15/11/2019) dini hari WIB. Laga tersebut juga menasbihkan penampilan internasional The Three Lion untuk ke-1000 kalinya.

Sebelum pertandingan, Timnas Inggris sempat dilanda sedikit masalah dengan percekcokan yang terjadi antara Raheem Sterling dan Joe Gomez ketika Liverpool bertanding melawan Manchester City di Liga Premier Inggris. Pertikaian itu sempat mereda seuisai pertandingan, tapi Sterling dan Gomez kembali bertengkar di kantin St. George Park, kompleks latihan Timnas Inggris. Sterling yang masih kesal mendatangi Gomez, seperti yang dilansir Mirror.

Aksinya itu membuat Sterling dihukum. Manajer Gareth Southgate tidak menyertakannya saat Inggris menghadapi Montenegro. Sterling lantas menyampaikan pernyataannya di Instagram. Ia mengaku memang sempat emosi dan memastikan masalahnya dengan Gomez sudah selesai.

Untungnya kejadian itu tak berdampak pada performa tim. Inggris masih terlalu gahar untuk dilawan Montenegro. Tim Tiga Singa bermain agresif sejak menit awal. Terbukti di babak pertama Inggris sudah unggul lima gol tanpa balas. Harry Kane mencetak hattrick, sedangkan Rashford dan Oxlade-Chamberlain masing-masing mencetak satu gol.

Memasuki babak kedua, Inggris menurunkan tempo permainan dan hanya mencetak dua gol lewat bunuh diri pemain Montenegro, Sofranac, dan Tammy Abraham.

Dengan hasil itu, Inggris meraih 18 poin dan berada di puncak klasemen Grup A guna lolos ke Euro 2020. Pertandingan tersebut juga menandakan penampilan ke-1000 Timnas Inggris di pertandingan internasional.

Banyak perjalanan dan catatan menarik yang telah dilewati Timnas Inggris untuk mencapai penampilan ke-1000. Berikut diantaranya yang dirangkum dari Sportskeeda dan Opta:

  • Butuh waktu 147 tahun bagi timnas Inggris memainkan laga internasional ke- 1000.
  • Skotlandia menjadi lawan pertama Timnas Inggris di laga Internasional. Laga berakhir imbang 0-0 pada laga yang digelar di Hamilton Crecent, 30 November 1972.
  • Timnas Inggris mengoleksi 102 skor 1-1 dari 1000 pertandingan yang mereka lewati. Sebanyak 569 laga di antaranya berhasil mereka menangi, dan 190 laga sisanya berakhir dengan kekalahan.
  • Skor 13-0 kontra Irlandia merupakan kemenangan terbesar Inggris di laga internasional pada Februari 1882. Inggris juga pernah mencetak 13 gol pada saat melumat Irlandia dengan skor 13-2 pada tahun 1899.
  • The Three Lions memenangi Piala Dunia satu-satunya pada tahun 1966 dan memenangi 60 silverwares.
  • Ada 1.244 total pemain yang memperkuat Timnas Inggris. Sembilan diantaranya sudah meraih 100 caps, sedangkan 356 diantaranya hanya bermain sekali bersama Tim Tiga Singa.
  • Stanley Matthews menjadi pemain tertua yang memperkuat Inggris saat ia berusia 41 tahun dan 248 hari pada Oktober 1956. Sedangkan Theo Walcott menjadi pemain termuda saat ia melakukan debut di usia 17 tahun dan 75 hari.
  • Tim Tiga Singa memiliki 19 manajer permanen. Fabio Capello dan Sven-Goran Eriksson merupakan manajer non-Inggris yang pernah menjadi pelatih.
  • Wayne Rooney masih menjadi pencetak gol terbanyak Inggris dengan 53 gol.