Talenta Muda Brazil Jadi Juara Piala Dunia U-17

Semesta mungkin sudah menentukan Brazil akan terus menelurkan bibit muda menjanjikan untuk menjadi bintang sepakbola di kemudian hari dan membawa Timnas Brazil menjadi juara di tiap kompetisi yang mereka ikuti. Bukti terbaru, para talenta muda negeri Samba berhasil menjadi juara Piala Dunia U-17.

Brazil menjadi juara Piala Dunia U-17 setelah mengalahkan Meksiko di final yang digelar pada Senin (18/11/2019) dini hari tadi. Pertandingan berlangsung sengit karena jual beli serangan antara kedua tim berlangsung konstan. Tapi di babak pertama, tidak ada gol yang tercipta.

Memasuki babak kedua, Brazil tertinggal lebih dulu setelah pemain Meksiko, Bryan Gonzales berhasil menanduk bola masuk ke gawang Matheus Donelli di menit ke-66. Setelah kejadian itu, pemain belia Brazil tersentak dan lebih menambah volume serangan mereka terhadap Meksiko.

Upaya itu terbukti berhasil. Kaio Jorge sukses mencetak gol balasan melalui titik putih enam menit menjelang injury time. Sebelum memberikan penalti, wasit Andris Treimanis asal Latvia sempat melihat VAR untuk memastikan adanya pelanggaran yang dilakukan bek muda Meksiko di kotak penalti.

Brazil memastikan kemenangan di detik-detik akhir pertandingan lewat Lazaro Marques yang masuk sebagai pemain pengganti. Ia berhasil memaksimalkan umpan silang dari sisi sebelah kanan dan menceploskan bola tanpa kawalan bek Meksiko. Skor akhir adalah 2-1 untuk kemanangan Selecao.

Dengan kemenangan di final kali ini, berarti Brazil sudah empat kali menjuarai Piala Dunia U-17. Sebelumnya, mereka pernah menjadi juara pada tahun 1997, 1999, dan 2003. Peraih gelar terbanyak di kompetisi ini masih dipegang oleh Nigeria yang berhasil menjadi juara sebanyak lima kali.

Untuk menjadi juara di ajang kali ini, Tim Samba muda berhasil menyapu bersih delapan laga yang mereka mainkan dengan kemenangan. Kaio Jorge berhasil menjadi pencetak gol terbanyak untuk Brasil di kompetisi ini dengan torehan lima gol. Sedangakan Gabriel Veron berhasil menyabet penghargaan sebagai pemain terbaik untuk turnamen kali ini.

Selain Brazil yang menjadi juara dan Meksiko menjadi runner-up, Perancis memenangkan posisi ketiga dalam turnamen ini. Tim Ayam Jantan muda berhasil mengalahkan Belanda dengan skor 3-1. Ketiga gol Les Blues diborong oleh pemain muda PSG, Arnaud Kalimuendo-Muinga. Sementara Belanda sendiri harus puas dengan gol semata wayang Mohamed Taabouni.