Sepakbola Begitu Berwarna di 2020

Tahun ini terasa begitu berbeda bagi semua pihak, tak terkecuali Sepakbola. Untuk pertama kalinya, si kulit bundar kehilangan hingar bingar penonton yang meramaikan di setiap pertandingan. Tak hanya itu, pandemi juga memaksa berbagai kompetisi sepakbola berjalan tidak seperti biasanya. Namun dibalik semua itu, sepakbola di tahun ini membawa berbagai keseruan yang jarang terjadi sebelumnya. Salah satunya, berbagai hasil pertandingan yang mencengangkan tercipta di 2020.

Barcelona 2-8 Bayern Munich

Laga yang mempertemukan dua juara Liga Champions ini digadang-gadang berlangsung dengan sengit. Tak ayal karena Barcelona dan Bayern Munich adalah salah satu kekuatan besar di sepakbola Eropa. Namun realita yang terjadi benar-benar di luar nalar karena Barcelona dicukur habis 2-8 oleh Bayern Munich!

Match awards from Bayern Munich's scintillating 8-2 trouncing of FC  Barcelona - Bavarian Football Works
Perayaan gol Thomas Müller ke gawang Barcelona. Sumber: Bavarian Football Works

Pertandingan itu sebenarnya berjalan sengit di menit-menit awal. Namun setelah skor imbang 1-1, The Bavarians menguasai pertandingan dengan mencetak gol dalam kurun waktu Sembilan menit yang memukul keras perlawanan Barcelona. 

Setelah pertandigan yang memalukan itu, Barcelona pun langsung memecat sang pelatih Quique Setién dan Bayern Munich pun keluar sebagai juara Liga Champions setelah menang atas Paris-Saint Germain di partai puncak.

Bayern Munich 8-0 Schalke 04

Kedigdayaan Bayern Munchen nyatanya bukan semusim saja. Hal itu dibuktikan FC Hollywood sejak pekan pertama Bundesliga musim ini. Kala itu, Bayern meraih kemenangan telak 8-0 atas Schalke 04.

Bayern vs Schalke 04, Pesta Gol Raksasa Jerman tak Terbendung - Sepasi Media
Pemain Bayern merayakan gol ke gawang Schalke. Sumber: Pikiran Rakyat

Pada pertandingan itu, Gol Bayern diborong oleh Serge Gnabry yang mencetak hat-trick dan dilengkapi gol dari Robert Lewandowski, Thomas Muller, Leroy Sane, dan Jamal Musiala. 

Manchester United 1-6 Tottenham

Awal musim 2020/21 seakan menjadi mimpi buruk bagi Manchester United. Bursa transfer yang buruk dan inkonsistensi permainan menjadi tanda jika Setan Merah sedang tidak baik-baik saja. 

Indikasi itu semakin nyata setelah Manchester United dicukur habis Tottenham Hotspur 1-6 di pekan keempat Premier League. Padahal, skuad asuhan Ole Gunnar Solskjaer mampu unggul terlebih dahulu melalui penalti Bruno Fernandes. Namun setelahnya petaka menghampiri United karena Spurs mampu membalikkan keadaan menjadi 1-2 di menit 7 pertandingan.

Man Utd 1 - 6 Tottenham - Match Report & Highlights
Harry Kane setelah menjebol gawang Manchester United. Sumber: Sky Sports

Petaka semakin menjadi setelah Anthony Martial diganjar kartu merah setelah kedapatan menampar Erik Lamela di menit ke 28. Setelah itu, praktis pertandingan dikuasai Spurs yang mampu mencetak 4 gol berikutnya.

Aston Villa 7-2 Liverpool

Tak lama setelah pertandingan Manchester United vs Liverpool, juara bertahan Premier League, Liverpool bertandang ke kendang Aston Villa. Serupa dengan United, The Reds pun harus menanggung malu setelah dibantai dengan skor telak 7-2.

Aston Villa 7-2 Liverpool LIVE! Latest news and Jurgen Klopp reaction to  shock Villa Park result | London Evening Standard | Evening Standard
Perayaan gol terakhir Aston Villa ke Gawang Liverpool. Sumber: Standard

Pada pertandingan tersebut, Villa langsung unggul 4-1 di babak pertama. Ollie Watkins mencetak hat-trick di laga itu dan gol The Villans lainnya dicetak oleh Jack Grealish (2), John McGinn, dan Ross Barkley. Sementara Liverpool membalas via dua gol Mohamed Salah.

VVV Venlo 0-13 Ajax

Ajax Amsterdam pun ikut menuai sensasi. Juara bertahan Eredivisie itu menggila dengan mencukur VVV Venlo dengan skor 0-13. Bermain di kandang lawan, de Godenzonen tampil menekan sejak bola digulirkan. Mencatatkan 76 persen penguasaan bola, Ajax mampu unggul 4-0 atas Venlo pada babak pertama.

Highest Eredivisie victory in history - Ajax demolish VVV Venlo |  Transfermarkt
Pemain Ajax merayakan gol ke gawang Venlo. Sumber: Transfermarkt

Babak Kedua, skuad asuhan Erik Ten Hag semakin menggila dengan menyarangkan 9 gol tambahan. Lassina Traore menjadi bintang pada pertandingan itu dengan mencetak quatrick.

Spanyol 6-0 Jerman

Hasil mengejutkan terjadi di UEFA Nations League tadi malam, setelah Jerman takluk 6-0 dari Spanyol. La Furia Roja tampil sempurna di semua lini yang melumpuhkan perlawanan Der Panzer.

Daily Schmankerl: The aftermath of Germany vs. Spain; Liverpool looking to  swipe Bayern Munich target Dayot Upamecano; RB Salzburg star Dominik  Szoboszlai keeping options open; Phillipe Coutinho eyeing Barca extension;  and MORE! -
Toni Kroos yang tak habis pikir dengan penampilan Jerman. Sumber: Bavarian Football Works

Ferran Torres menjadi bintang dengan mencetak trigol ke gawang Manuel Neuer. Tiga gol lainnya diborong Alvaro Morata, Mikel Oyarzabal dan Pedri. Hasil tersebut membuat Spanyol lolos ke Semifinal UEFA Nations League dan menggusur Jerman dari puncak klasemen Grup A.

Kredit foto: CBS Sports