Selamat Jalan, Alfin Lestaluhu..

Kabar duka datang menyelimuti sepak bola negeri ini. Pemain tim nasional Indonesia U-16 Alfin Lestaluhu meninggal dunia. Dia dikonfirmasi meninggal akibat Enchephalitis.

Menurut Media Officer PSSI Bandung Saputra yang merujuk dari diagnosis dokter, almarhum Alfin mengalami Encephalitis dengan hypoalbumin. Encephalitis adalah kondisi di mana otak mengalami pembengkakan karena infeksi atau karena gangguan sistem imun. Sementara hypoalbumin adalah kondisi medis di mana level albumin, yang merupakan protein utama dalam darah yang diproduksi liver, terlalu rendah. Kondisi ini bisa memicu pembengkakan. Infeksi bisa disebabkan karena bakteri atau virus.

Alfin Lestaluhu meninggal pada Kamis (31/10/2019) pukul 22.11 WIB pada usia 15 tahun. Sebelumnya, ia sempat dirawat di RS Harapan Kita.

Alfin juga dikabarkan sempat menjadi korban gempa Ambon berkekuatan magnitudo 6,8 pada Kamis (26/9) lalu. Ia mulanya dirawat di Ambon tapi kemudian dipindahkan ke Jakarta. Namun kondisinya tak membaik hingga jatuh koma dan kemudian meninggal.

Jenazah Alfin telah diterbangkan ke Ambon melalui penerbangan via Bandara Halim Perdanakusuma, Jumat (1/11) pukul 06.00 WIB tadi.

Para pesepak bola Indonesia baik dari kalangan pelatih hingga para yang masih bermain juga turut berbelasungkawa atas kepergian Alfin, seperti Indra Sjafri, Manahati Lestusen, dan Otavio Dutra. Doa pun terus mengalir dari para supporter Indonesia yang mencintai pemain bertalenta besar tersebut.

Semasa hidup, bek kanan yang berasal dari Desa Tulehu itu meniti karier sepak bola dari Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan. Tidak butuh waktu lama, Alfin langsung menjadi andalan skaud Garuda U-16 Indonesia arahan Bima Sakti yang berlaga di Piala AFF U-16 2019. Dia pun sempat mencetak satu gol ke gawang Filipina. Di turnamen itu, almarhum Alfin berhasil membawa timnas U-16 meraih juara ketiga setelah menang adu pinalti melawan tuan rumah Thailand.

Selamat jalan Alfin Lestaluhu, bakat dan semangatmu akan diingat selalu oleh sepak bola Indonesia.