Mau Berolahraga Tanpa Khawatir Selama Pandemi? Renang Solusinya!

Selama pandemi Covid-19, seluruh masyarakat diharuskan untuk mengurangi aktivitas luar ruang. Hal ini semata-mata untuk menekan penularan virus mematikan itu. Namun, bila Anda merindukan aktivitas luar ruang, Renang bisa menjadi solusi aman untuk terbebas dari penularan virus corona. Dengan catatan, Anda harus berenang di kolam renang luar ruangan.

Berenang bisa menjadi salah satu olahraga yang bisa dilakukan di luar rumah saat pandemi. Para ahli menyatakan bahwa renang memiliki risiko penularan Covid-19 yang rendah, dengan catatan masyarakat harus berenang di kolam luar ruang.

Dilansir dari Fox17, seorang ahli dari Purdue University bernama Ernest Blatchley mengatakan bahwa risiko penularan virus di dalam air tergolong rendah. Maka melakukan olahraga renang menjadi aman karenanya. Meski begitu, kebersihan kolam renang memegang peranan penting untuk menjaga keamanan saat melakukan olahraga air tersebut.

“Risiko penularan virus di dalam air tergolong sangat rendah, namun kecenderungan ini tak mengindahkan peraturan jaga jarak dan hal lainnya yang telah kita lakukan selama ini, yang nantinya akan menjadi hal yang normal untuk kehidupan selanjutnya.

Blatchley melanjutkan bahwa selama cairan pembersih kolam renang atau klorin berada dalam level yang aman, maka virus seperti Covid-19 tak akan bisa bertahan bila berada dalam air. Sang profesor menyatakan bahwa untuk menjaga kebersihan kolam renang, konsentrasi klorin bebas yang dibutuhkan berkisar antara 1-5 miligram perliter.

Meski renang adalah olahraga yang tergolong aman dari penularan virus, Blatchley tetap menyarankan untuk tetap berhati-hati saat berinteraksi dengan orang lain dan memperhatikan kebersihan di sekitar kita. Karena menurutnya, udara di sekitar kolam renang yang tertutup bisa saja menjadi tempat yang memiliki risiko penularan yang sama dengan ruangan tertutup.

“Menurut saya, orang-orang perlu menyadari bahwa cara kita menggunakan kolam renang di masa lalu adalah praktik yang bisa menyebabkan penularan virus. Oleh karenanya, kita semua harus waspada dan memperhatikan apa saja yang ada di sekitar kita,” tandas Blatchley.