Rekor Inggris Berusia 90 Tahun Disamai Oleh Harry Kane

Pada pertandingan penutup babak kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup A, Inggris mengalahkan Kosovo dengan skor 4-0. Dalam pertandingan tersebut, Harry Kane menyamai rekor yang dimiliki Inggiris selama 90 tahun.

Pada pertandingan melawan Kosovo, punggawa The Three Lions tidak mengalami kesulitan sama sekali. Laga yang berlangsung di Prstina City Stadium itu terasa sangat mudah untuk Harry Maguire dkk untuk dimenangkan.

Rangkaian gol Inggris dimulai oleh pemain Tottenham, Harry Winks, saat pertandingan telah berjalan 32 menit. Menerima sodoran umpan dari Alex Oxlade-Chamberlain, Winks membelah pertahanan Kosovo dengan mudah dan langsung menceploskan bola ke dalam gawang yang dikawal oleh Arijanet Muric.

Gol kedua Inggris baru tercipta di sepertiga akhir paruh kedua, tepatnya di menit ke-79. Pergerakan lincah Raheem Sterling dari sisi kiri pertahanan Kosovo tidak disia-siakan oleh Harry Kane yang tinggal mudah menyontek bola ke dalam gawang hasil umpan dari Sterling yang gagal dihalau sempurna oleh bek Kosovo.

Sterling juga berperan penting untuk gol ketiga yang dicetak Marcus Rashford pada menit ke-83. Umpan terobosannya langsung disambar Rashford pada sentuhan pertama yang diarahkan ke pojok gawang.

Gol penutup Inggris diciptakan oleh Mason Mount pada menit ke-90 setelah menerima umpan dari Kane yang memanfaatkan blunder bek Kosovo di depan kotak penalti.

Harry Kane yang pada pertandingan tersebut mencetak satu gol dan satu assist juga mencatatkan rekor apik. Dalam kurun waktu 90 tahun terakhir, bomber Tottenham itu menjadi pemain Inggris pertama yang mencetak 12 gol dalam satu tahun. Semua golnya tercipta selama ajang kualifikasi Piala Eropa 2020 berlangsung.

Tapi menurut Kane, gol ke-12 yang dicetaknya terasa tidak mudah. Ia menjelaskan bahwa dirinya mengalami kesulitan karena harus bermain di lapangan yang kurang bagus.

“Ini adalah pertandingan yang menyulitkan. Lapangannya buruk dan mereka sangat bersemangat. Pada akhirnya, kami berhasil melakukannya dengan benar,” tutur Kane seperti yang dikutip dari Metro.

“Sebagai seorang striker, saya ingin mencetak gol dan meraih kemenangan. Rasanya menyenangkan bisa mencetak gol lagi di sini. Harapannya saya bisa meneruskan performa ini,” tutupnya.

Selain Harry Kane, ada dua pemain lain yang pernah mencapai rekor tersebut di waktu yang berbeda. George Hildson menjadi sosok pertama yang meraih rekor tersebut pada tahun 1908 dan Dixie Dean melakukannya pada tahun 1927.