Kabar Gembira! Premier League Digelar Kembali Bulan Depan!

Kabar gembira kembali datang dari dunia sepakbola dataran benua biru. Setelah Bundesliga Jerman akan kembali bergulir pada akhir pekan ini. Liga elit Eropa lainnya, Premier League telah resmi mendapatkan ijin untuk menggelar kompetisi di bulan Juni mendatang. Ijin tersebut didapatkan setelah pemerintah Inggris menerbitkan rencana pemulihan pada senin (11/5) kemarin.

Premier League akan segera mengikuti jejak Bundesliga untuk kembali melanjutkan kompetisi. Pasalnya pada Senin (11/5) kemarin, pemerintah Inggris telah memberikan ijin untuk kembali menggelar pertandingan. 

Dikutip dari ESPN, Perdana Menteri Boris Johnson telah mengumumkan bahwa pemerintah telah menerbitkan dokumen sebanyak 50 halaman yang berisi rencana pemulihan setelah Covid-19. Termasuk di dalamnya terdapat perizinan untuk menggelar acara budaya dan olahraga mulai 1 Juni 2020. Meski telah diizinkan, dalam pelaksanaannya tetap menganut protokol kesehatan untuk mengurangi risiko penularan Covid-19.

Sang Perdana Menteri menilai bahwa sepakbola menjadi salah satu jalan untuk memulihkan mental warganya. Pasalnya sepakbola menjadi olahraga yang paling digemari oleh masyarakat Inggris. Oleh karena itu, dengan digelarnya Premier League bisa menjadi salah satu cara untuk masyarakat agar keluar dari rasa frustrasi akibat dilanda virus corona.

Pada hari yang sama, Pemerintah Inggris dikabarkan langsung mengadakan rapat virtual dengan pihak Premier League dan perwakilan 20 klub peserta liga. Pada pertemuan ini, pemerintah Inggris menyatakan dukungannya untuk digulirkannya kembali kompetisi dengan menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Beberapa wacana telah mengemuka terkait pelaksanaan Premier League. Dilansir dari Fox Sports, salah satu rencana tersebut adalah menggelar pertandingan di tempat netral yang jauh dari pemukiman penduduk. Namun belakangan rencana ini ditentang sebagian klub peserta liga, karena mereka lebih memilih untuk bertanding kandang dan tandang bila memungkinkan.

Menurut kabar yang beredar, Premier League telah menetapkan tanggal bergulirnya liga yang akan jatuh pada 12 Juni 2020 mendatang. Sebelum dihentikan pada Maret lalu, Premier League masih menyisakan 92 pertandingan tersisa. Sang pemuncak klasemen, Liverpool telah berjarak satu kemenangan lagi menuju tangga juara.