Petaka Besar Manchester City

Malang benar nasib jawara bertahan Premier League musim lalu, Manchester City. Pada Jumat (14/2) kemarin, Federasi Sepakbola Uni Eropa (UEFA) menjatuhkan hukuman berat bagi The Citizens. Pasukan Pep Guardiola itu dilarang tampil di Liga Champions 2 musim beruntun sampai 2022.

Manchester City resmi dijatuhi hukuman larangan tampil di Liga Champions selama 2 musim kedepan. Selain itu The Citizens diberi sanksi denda sebesar 30 juta euro. Meski begitu, juara bertahan Premier League itu masih memiliki hak untuk mengajukan banding di Badan Arbitrase Olahraga (CAS).

Hukuman yang dijatuhkan pada Manchester City diputuskan setelah penyidik dari UEFA menemukan fakta bahwa klub yang dimiliki Sheikh Mansour ini telah melakukan pelanggaran terhadap peraturan Financial Fair Play (FFP) dan Club Licensing.

Pelanggaran yang dimaksud antara lain melebih-lebihkan angka pendapatan dari sponsor pada laporan keuangan yang diserahkan pada UEFA dalam kurun waktu 2012 sampai 2016.

Sanksi yang diberikan UEFA tak hanya berlaku di Liga Champions. Manchester City juga dilarang tampil di ajang Piala Dunia Antarklub 2020 dan Piala Super Eropa andai berhasil menjuarai Liga Champions musim ini.

Seketika kabar dilarangnya Manchester City bermain di Liga Champions tersebar luas di media. Pihak klub pun telah memastikan akan mengambil jalur banding sebagai upaya untuk menghindari sanksi yang dijatuhi UEFA.

Tak hanya hukuman dari UEFA, Manchester City juga dibayangi sanksi pengurangan poin dari otoritas Premier League. Hukuman ini akan berlaku bila pengajuan banding klub ditolak badan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). Namun jika banding itu diterima maka Manchester City akan terhindar dari sanksi yang dikenakan oleh Premier League.

Kesialan Manchester City tak berhenti sampai disini, tetangga Manchester United itu juga dibayangi ancaman eksodus besar-besaran pada akhir musim ini. Menurut kabar yang beredar para punggawa Manchester City siap hengkang dari Etihad Stadium apabila hukuman pada klub benar-benar berlaku.

Liga Champions sebagai kompetisi kelas wahid di Eropa sudah jadi barang wajib bagi pemain-pemain kelas atas, tak terkecuali pemain bintang dari Manchester City. Sebut saja nama-nama seperti Leroy Sane, Kevin De Bruyne, Raheem Sterling, dan Sergio Aguero dikabarkan telah mengintip peluang untuk keluar dari Manchester City.

Selain itu sang nahkoda, Pep Guardiola santer dikabarkan akan meninggalkan Manchester City dalam waktu dekat. Bila hal itu terjadi, setidaknya ada dua klub yang sudah menanti tanda tangan pelatih asal Spanyol itu. Mantan klub asuhannya Barcelona dan raksasa Italia Juventus siap mengamankan jasa kepelatihan salah satu pelatih top tersebut.