Marcus Rashford, Sosok Termuda yang Meraih Penghargaan Doktoral di Inggris

Fans Manchester United pantas berbangga pada sosok Marcus Rashford. Pasalnya selain top skorer tim musim ini, pemain berusia 22 tahun itu akan mendapatkan penghargaan kehormatan dari University of Manchester. Penghargaan itu diberikan setelah Rashford mengisiasi gerakan untuk menolong anak-anak yang kelaparan di Inggris.

Marcus Rashford akan segera menerima penghargaan berupa gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) dari University of Manchester pada akhir musim ini. Penghargaan ini diberikan karena Rashford melakukan kampanye untuk melawan kemiskinan anak di Inggris. Sebagai informasi, Gelar Doktor Kehormatan adalah penghargaan tertinggi yang dapat diberikan Universitas.

Dilansir dari CNN, pada Juni lalu Rashford berhasil menekan pemerintah Inggris untuk memperpanjang pemberian makanan sekolah gratis selama musim panas. Ia juga melakukan penggalangan dana bersama badan amal FareShare untuk membantu pasokan makanan untuk melawan kemiskinan anak. 

“Ini adalah momen yang membanggakan bagi diri saya dan keluarga. Ketika anda melihat nama-nama yang pernah menerima penghargaan Doktor ini sebelumnya,” ujar Rashford dilansir dari CNN.

Sebelum Rashford, beberapa tokoh telah mendapatkan pengahargaan serupa dari University of Manchester. Mereka adalah Sir Alex Ferguson, Sir Bobby Charlton, dan Vincent Kompany.

Diberitakan dalam kampanye yang diinisiasi oleh Rashford bersama FareShare berhasil menggalang dana sebesar 20 juta poundsterling atau sekitar Rp 367 miliar. Dana tersebut kemudian disalurkan kepada 1.280.000 anak-anak. 

Diketahui, kampanye yang dilakukan Rashford dilakukan dengan menulis surat terbuka untuk pemangku kebijakan Inggris tentang pengalamannya mendapatkan makanan gratis ketika ia kecil. Setelahnya ia memohon kepada pemerintah untuk memperpanjang pemberian makanan sekolah gratis setelah tahun ajaran berakhir. 

Awalnya permohonan Rashford ditolak oleh Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson. Namun warga Inggris menekan sang pejabat hingga Ia pun terpaksa mengabulkan permintaan Rashford untuk memperpanjang pemberian makanan gratis ke anak-anak.

Marcus Rashford on Twitter: "An Open Letter to all MPs in ...
Surat terbuka Marcus Rashford kepada pemerintah Inggris. Sumber: twitter.com/marcusrashford

“Kami masih dalam pertarungan yang berat dalam melawan kemiskinan anak di negara ini. Namun setelah mendapatkan perhatian dari kota Manchester mengindikasikan jika kampanye ini berada dalam jalur yang tepat dan itu sangatlah berarti. Terima kasih kepada University of Manchester,” tambah pemain yang akan berumur 23 tahun di Oktober nanti.

Perwakilan dari University of Manchester dalam wawancaranya menyatakan penghargaan ini memang pantas diberikan kepada Rashford karena ia memiliki jiwa sosial yang tinggi meski berada diusia yang masih muda.

“Marcus adalah pemuda yang luar biasa dengan talentanya dan mampu memberikan pengaruh yang besar di luar lapangan hijau,” ucap Professor Dame Nancy Rothwell, Presiden dan Wakil Rektor di University of Manchester.

Penghargaan dari Univesity of Manchester semakin menambah kegemilangan Marcus Rashford musim ini. Pemilik 38 caps di Tim Nasional Inggris itu sedang berada di musim terpoduktifnya selama berkarier setelah mampu mencetak 21 gol bagi Manchester United di semua ajang.

Kredit foto: Sport Bible