Petaka Corona Berikutnya: Liga Champions & Premier League Ikut Terdampak, Bek Juventus Positif Covid-19

Ancaman virus corona belum usai menerpa dunia. Tak hanya di wilayah Asia, benua Eropa pun ikut terkena dampak virus asal negeri tirai bambu tersebut. Teranyar, sepakbola benua biru pun telah terhambat penyelenggaraannya. Setelah Serie A Italia lumpuh, kini Premier League dan Liga Champions terpaksa menunda pertandingan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Tak berhenti sampai disitu, Bek Juventus Daniele Rugani terkonfirmasi positif mengidap virus corona.

Tertundanya Laga Manchester City vs Arsenal

Gelaran partai besar Premier League antara Manchester City versus Arsenal terpaksa ditunda pada Rabu (11/3) kemarin. Otoritas liga memutuskan menunda pertandingan itu setelah mendapat kabar bahwa pemilik klub Yunani Olympiakos, Evangelos Marinakis positif terjangkit virus corona.

Pria berusia 52 tahun itu membuat pernyataan yang mengejutkan dengan mengaku ke publik jika ia terkena virus Covid-19.

“Virus yang baru-baru ini (corona) telah mendatang saya dan saya merasa bertanggung jawab agar publik tahu. Saya merasa baik-baik saja dengan penanganan maksimal dan menjaga anjuran dokter dengan sangat disiplin,” ujar Marinakis di akun instagram pribadinya.

Hubungan Marinakis dengan pertandingan The Citizens vs The Gunners ditengarai karena pertemuan Olympiakos dan Klub Meriam London tersebut pada babak 32 besar Liga Europa beberapa minggu yang lalu.

Marinakis diketahui sempat berada di kursi direktur dan ruang ganti usai leg kedua babak 32 besar Liga Europa antara Arsenal vs Olympiakos. Partai ini dihelat di kandang The Gunners, Emirates Stadium. Saat pertandingan selesai, Marinakis dilaporkan sempat berjabat tangan dengan beberapa pemain Arsenal.

Menanggapi postifnya Marinakis, Arsenal pun langsung menginstruksikan seluruh pemainnya untuk menjalani isolasi di rumah masing-masing dan melakukan tes virus corona. Imbasnya, pertandingan Manchester City vs Arsenal yang sedianya berlangsung pada Rabu (11/3) kemarin kembali ditunda.

Pertandingan Liga Champions Digelar tanpa Penonton

Virus corona juga mengganggu perhelatan leg kedua Liga Champions Eropa minggu ini. Dua laga yakni Valencia vs Atalanta serta Paris Saint Germain (PSG) vs Borussia Dortmund harus digelar tanpa penonton. Sebagaimana yang telah diberitakan sebelumnya. Beberapa negara di Eropa juga telah terjangkit virus Covid-19. Italia, Perancis, dan Spanyol adalah beberapa kawasan yang memiliki kasus virus corona yang cukup banyak.

Laga antara Valencia vs Atalanta yang berlangsung di Spanyol pun terpaksa dilaksanakan tanpa penonton. Stadion Mestalla yang merupakan kandang Los Che kosong dari hingar binar para penggemar. Hal ini dikarenakan pemerintah Spanyol mewajibkan klub asal negeri matador yang bertemu klub Italia di kompetisi Eropa untuk menggelar pertandingan tanpa penonton. Aturan tersebut merespons kasus corona yang tingkat penyebarannya cukup tinggi di Italia.

Selain itu pertandingan PSG vs Borussia Dortmund juga terpaksa digelar tanpa penonton. Keputusan ini diambil setelah 1.116 warga Perancis terinfeksi virus corona. Laga lainnya yang berpotensi dihelat tanpa penonton adalah Barcelona vs Napoli di Estadio Camp Nou, Kamis (19/3) pekan depan.

Bek Juventus Positif Terinfeksi Virus Corona

Raksasa Italia Juventus telah mengonfirmasi salah satu beknya, Daniele Rugani telah tertular virus corona. Pengumuman ini diberikan pihak klub melalui situs resmi mereka.

“Pesepakbola Daniele Rugani, telah diperiksa dan positif terkena virus corona meski sejauh ini tak menunjukkan gejala-gejala dari virus Covid-19. Pihak klub saat ini segera mengaktifkan prosedur isolasi sesuai dengan aturan hukum yang berlaku, termasuk mereka yang terlibat kontak dengannya (Rugani),” bunyi pernyataan resmi dari Juventus.

Rugani menjadi pesepakbola kedua di Italia yang positif terjangkit virus corona setelah pemain dari klub Serie C, Pianese tertular virus Covid-19. Pemain klub Pianese itu dinyatakan positif terjangkit corona pada 27 Februari lalu.

Italia sebagai negara Eropa dengan kasus corona tertinggi telah menjalankan kewajiban darurat virus corona. Total lebih dari 10 orang telah terinfeksi dan 631 diantaranya telah meninggal dunia.

Menanggapi fenomena corona yang cukup mengancam, pemerintah Italia telah memberlakukan larangan aktivitas yang melibatkan keramaian. Akibatnya banyak kegiatan yang tertunda, salah satunya Serie A yang resmi ditunda sampai awal April mendatang.