Liga Belarusia Yang Gagah Berani Untuk Terus Berjalan di Tengah Pandemi

Virus corona telah memberikan efek luar biasa bagi dunia olahraga. Sepakbola sebagai industri olahraga paling bernilai tak luput diterpa getah wabah dari Wuhan ini. Eropa sebagai kiblat sepakbola dunia terpaksa lumpuh untuk memutus mata rantai Covid-19. Banyak kompetisi kelas wahid yang ditangguhkan sampai menunggu corona benar-benar pulih. Meski begitu, ada satu liga Eropa yang tetap berjalan di tengah pandemi yang sedang meraja. Ya, Liga Belarusia seakan menjadi garda terdepan sepakbola untuk melawan virus corona.

Liga Primer Belarusia tiba-tiba menarik perhatian dunia karena tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19. Kompetisi tersebut menjadi satu-satunya liga di Eropa yang tetap berjalan seperti biasa. Pertandingan di Liga terus diselenggarakan sesuai jadwal dan para penonton tetap diperkenankan hadir di stadion untuk menyaksikan tim kesayangannya berlaga, wow!

Salah satu pertandingan yang menjadi sorotan adalah derbi ibu kota Belarusia antara FC Minsk melawan Dinamo Minsk pada hari Sabtu lalu. Pada partai sarat gengsi itu menarik animo penggemar sebanyak 1.750 orang untuk menghadiri pertandingan tersebut. Dengan santainya mereka melanggar protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menjauhi keramaian.

Pada dokumentasi yang tersebar di internet, para penggemar diharuskan untuk melakukan pengecekan suhu tubuh saat memasuki stadion. Namun banyak di antara mereka yang tidak memakai masker dan bertelanjang dada saat menyaksikan pertandingan di tribun.

Fenomena ini membuat pamor Liga Belarusia meningkat. Sebelumnya para penikmat sepakbola Eropa mungkin hanya mengenal BATE Borisov, klub Belarusia tersukses dan kerap tampil di Liga Champions ataupun Liga Europa. Dikutip dari CNN, Federasi Sepakbola Belarusia telah mengamankan kesepakatan hak siar di 10 negara, di antaranya adalah Rusia, Israel, dan India.

“Ini adalah situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya,” ujar Alexander Aleinik, juru bicara Federasi Sepakbola Belarusia dilansir dari CNN.

Sebelumnya Liga Belarusia menjadi perbincangan kala legenda sepakbola mereka, Alexander Hleb menyarankan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo untuk pindah ke liga tersebut. Mantan pemain Arsenal dan Barcelona itu berkelakar mengajak kedua bintang lapangan hijau itu bermain di Belarusia agar mengisi waktu luang saat penundaan liga Spanyol dan Italia akibat virus corona.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Johns Hopkins University & Medicine, saat ini Belarusia telah mencatat 163 kasus positif Covid-19, dengan 53 pasien dinyatakan sembuh dan dua orang meninggal dunia.

Mungkin Liga Belarusia bisa menjadi solusi bagi Anda yang rindu menyaksikan pertandingan sepakbola. So, selamat menyaksikan!