Jose Mourinho Resmi Gantikan Pochettino yang Dipecat Spurs

Ibarat petir di siang bolong ketika mengetahui kabar Mauricio Pochettino secara tiba-tiba dipecat oleh Tottenham Hotspur. Kejutan pun berlanjut tatkala pengganti pelatih asal Argentina tersebut adalah sosok ‘spesial’ bernama Jose Mourinho.

Pernyataan perihal pemilihan Mourinho untuk menggantikan Pochettino sudah dikeluarkan oleh Spurs di situs resmi klub. Mou mendapatkan kontrak sampai musim 2022/2023. Dia pun merasa senang dan percaya diri untuk bisa mengangkat prestasi The Lily Whites.

“Saya senang bisa bergabung dengan klub yang punya warisan yang luar biasa dan pendukung yang penuh semangat. Kualitas di skuad dan akademi membuat saya senang. Bekerja dengan para pemain inilah yang telah menarik minat saya,” ujar Mourinho.

Direktur utama Spurs, Daniel Levy, juga percaya dengan bergabungnya Mourinho ke klub London Utara tersebut bisa menguatkan tim.

“Dengan Jose kami memiliki salah satu manajer paling sukses dalam sepakbola. Dia memiliki banyak pengalaman, dapat menginspirasi tim dan merupakan ahli taktik yang hebat. Dia telah memenangkan banyak penghargaan di setiap klub yang dia latih. Kami percaya ia akan membawa energi dan kepercayaan ke ruang ganti,” ungkap Levy di situs klub.

Jose Mourinho adalah salah satu manajer paling sukses di dunia yang telah memenangkan 25 trofi senior. Ia terkenal karena kemampuan taktisnya dan telah mengelola FC Porto, Inter Milan, Chelsea, Real Madrid, dan Manchester United.

Dia telah memenangkan gelar domestik dalam rekor empat negara yang berbeda (Portugal, Inggris, Italia dan Spanyol) dan merupakan satu dari tiga manajer yang memenangkan Liga Champions UEFA dua kali dengan dua klub, FC Porto pada 2004 dan Inter Milan pada 2010. Ia juga juara Liga Premier Inggris tiga kali bersama Chelsea (2005, 2006, 2015).

Di luar pemilihan Mourinho sebagai pelatih baru, Tottenham Hotspur harus membayar kompensasi sebesar 29,7 juta poundsterling atau Rp541 miliar lantaran memecat Pochettino sebelum kontraknya selesai.

Kompensasi tersebut merupakan sisa gaji yang harus diberikan klub kepada pelatih asal Argentina itu setelah pemecatannya di tengah jalan. Kontrak Pochettino sejatinya masih 3,5 tahun lagi. Dilansir dari Guardian, dia mendapatkan gaji sebesar 8,5 juta poundsterling (Rp154 miliar) per tahun.

Pochettino dipecat hanya enam bulan setelah mengantarkan Tottenham Hotspur ke final Liga Champions 2018-2019. Ia didepak menyusul kinerja klub yang tak stabil di awal musim ini.

Klub London Utara tersebut sekarang ada di posisi ke-14 klasemen sementara Premier League. Harry Kane dkk. hanya memenangi tiga dari 12 pertandingan pada musim ini. Spurs hanya berjarak enam poin dari zona degradasi.