Jorge Lorenzo Pensiun dan Menjadi MotoGP Legend ke-32

MotoGP kehilangan salah satu rider terbaiknya setelah Jorge Lorenzo dipastikan pensiun dari dunia motor balap yang sudah membesarkan namanya.

Lorenzo mengumumkan keputusannya untuk pensiun sebelum melakoni seri terakhir MotoGP Valencia pukul 15:00 waktu setempat atau pukul 21:00 WIB, (14/11/19). Alasan Lorenzo untuk pensiun ditengarai karena persoalan kebugaran tubuhnya. Selain itu, momen kecelakaan di sirkuit Assen, Belanda ikut mempengaruhi kepercayaan dirinya.

Lorenzo mengalami cedera patah tulang belakang akibat terjatuh dari motornya pada sesi latihan bebas GP Belanda di Sirkuit Assen (28/6/19). Tapi kecelakaan di Belanda bukan insiden pertama yang membuat Lorenzo menderita tahun ini. Ia juga mengalami kecelakaan hebat dalam tes tengah musim di Sirkuit Catalunya pada 17 Juni silam dan menyebabkan tulang belakangnya retak.

“Saya akan pensiun sebagai pembalap profesional. Semua dimulai sejak saya berusia 3 tahun,” ucap Lorenzo saat melakukan jumpa pers di sirkuit Valencia.

Dalam kondisi haru, jumpa pers Jorge Lorenzo disaksikan langsung oleh ibu dan ayahnya yang datang.

“Semua dedikasi, saya berikan kepada orang yang mendukung saya,” sambungnya.

Sebenarnya kabar pensiun Jorge Lorenzo ini sudah cukup lama terdengar, setidaknya dari beberapa bulan lalu. Tapi akhirnya saat ini dirasa tepat oleh dirinya mengakhiri karir di sirkuit.

Sepanjang 17 tahun kariernya di dunia balap motor, pembalap berusia 32 tahun tersebut telah mencatatkan sejumlah prestasi. Lorenzo total sudah lima kali menjadi juara dunia di semua kelas (250cc di tahun 2006 dan 2007, serta kelas utama MotoGP pada 2010, 2012, dan 2015).

Dirinya juga telah  meraih 68 kemenangan di semua kelas, dengan raihan 47 kali juara di kelas utama MotoGP. Selain itu, Lorenzo sudah 152 kali naik podium sepanjang kariernya di semua kelas, dengan 114 kali podium di kelas utama MotoGP. Ia juga pernah mengumpulkan poin terbanyak dalam satu musim, yakni 383 poin di tahun 2010. Rekor tersebut baru bisa dipecahkan Marc Marquez pada musim ini.

Sepanjang kariernya di semua kelas, Lorenzo total sudah 69 kali meraih pole position. 43 kali ia raih di kelas utama MotoGP. Dan sebagai penutup karirnya, Jorge Lorenzo akan mendapat status MotoGP Legend, yang akan diresmikan dalam Grand Prix Spanyol di Sirkuit Jerez pada Mei 2020. Hal itu diutarakan oleh CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta.

“Atas alasan ini, kami langsung bicara dengan FIM, dan dengan senang hati saya umumkan bahwa Jorge akan dinobatkan sebagai MotoGP Legend dalam Grand Prix Spanyol di Jerez,” ungkap Ezpeleta seperti dilansir dari MotoGP.com.

Ezpeleta juga berterima kasih kepada Lorenzo, yang selalu vokal menyuarakan kritik membangun bagi Dorna Sports dan FIM soal kualitas MotoGP, terutama mengenai tingkat keselamatan.

“Satu hal yang bisa saya katakan hanyalah terima kasih. Terima kasih banyak, Jorge, atas segala hal yang telah kaulakukan demi meningkatkan kualitas kejuaraan ini, menunjukkan kepada dunia soal betapa pentingnya faktor kemanusiaan dari para rider,” pungkas Ezpeleta.

Berita pensiun Jorge Lorenzo sontak ramai mendapatkan respon dari khalayak ramai. Tagar #ThankYouJorge pun muncul di media sosial.