Jakarta Intenational Stadion: Demi Sebuah Mimpi di Tengah Pandemi

Wabah virus corona telah mengganggu segala aktivitas masyarakat di seluruh dunia. Kegiatan perkantoran, pembelajaran dan lainnya pun terpaksa berhenti untuk menekan penyebaran Covid-19, khususnya di Indonesia. Meski begitu, ada satu proyek yang tetap berjalan di tengah pandemi yang sedang mengancam ini. Jakarta International Stadium yang sedang dalam proses pengerjaan tetap berlanjut meski wabah corona tengah merajalela di Ibu Kota.

Meskipun berada dalam ancaman pandemi virus Covid-19, proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) tetap berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan.

Mega proyek yang dimotori oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bertanggungjawab atas proyek ini, memastikan tak ada kendala berarti terkait pembangunan stadion seluas 300.000 meter persegi itu, meskipun wabah pandemi corona sedang mengkhawatirkan di Jakarta.

Sekretaris Perusahaan Jakpro, Hani Sumarno menyatakan 1.300 pekerja yang terlibat dalam proyek pembangunan stadion tersebut dalam kondisi sehat seluruhnya. Para pekerja proyek tersebut saat ini masih beraktivitas dengan normal di area JIS. Bahkan kawasan proyek JIS menjadi ‘rumah’ untuk para pekerja tentunya dengan protokol yang ketat demi menjamin kesehatan pekerja.

Proyek pembangunan stadion yang rencananya menjadi markas utama tim Persija pun tetap berjalan dengan adanya penerapan protokol pencegahan Covid-19. Salah satunya, terkait operasional pekerja, PT Jakpro pun tetap memberlakukan work from home (WFH) bagi sebagian pekerja yang memungkinkan. Contohnya seperti di bagian administrasi, di mana karyawan tetap bisa bekerja di rumahnya masing-masing tanpa harus datang ke area proyek. Keperluan meeting pun terpaksa dilakukan secara online.

Aktivitas keluar masuk pekerja di area proyek juga dibatasi. Pekerja yang bekerja di area proyek tidak diperbolehkan keluar untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang mengarah pada keramaian. Penyemprotan disinfektan pun dilakukan setiap minggu di area proyek.

Semua prosedur protokol pencegahan Covid-19 di area proyek JIS dijalankan langsung oleh Tim Satgas yang dibentuk Jakpro. Ada prosedur promotif, kuratif, dan preventif yang dijalankan Tim Satgas tersebut terkait pencegahan Covid-19 di proyek tersebut. Pencegahan ini dilakukan semata-mata demi mewujudkan sebuah stadion kebanggaan yang telah dinanti warga Ibu Kota.