Luar Biasa, Jadon Sancho!

Kompetisi Bundesliga Jerman semakin mencapai klimaksnya. Persaingan menuju gelar juara semakin sengit kala memasuki pekan ke-29. Dua tim teratas, Bayern Munchen dan Borussia Dortmund berhasil mengandaskan lawan-lawannya dengan skor telak. Khusus untuk Die Borussen, satu nama pantas diganjar pujian berlebih karena penampilan ciamiknya. Jadon Sancho berhasil mencetak hatrick pada laga kontra Paderborn. Berkat torehannya itu, pemain berpaspor Inggris itu berhasil mengukir sejarah baru.

Pada lanjutan Bundesliga Jerman pekan 29, Borussia Dortmund berhasil membawa pulang tiga poin dari lawatannya ke markas Paderborn pada Minggu (31/5). Die Borussen menggulung tim juru kunci itu dengan skor telak 1-6. Kemenangan Dortmund dimotori pemain muda asal Inggris, Jadon Sancho yang berhasil mencetak hatrick. Sedangkan tiga gol lainnya disumbangkan Thorgan Hazard, Achraf Hakimi, dan Marcel Schmelzer.

Torehan trigol itu merupakan kali pertama Jadon Sancho dalam karir sepakbola profesional. Selain itu raihan hatrick tersebut mengantarkan pemain berusia 20 tahun itu menjadi pemain termuda yang berhasil mencetak 30 gol dalam sejarah Bundesliga. Hal ini telah dikonfirmasi Borussia Dortmund dalam akun Twitter resminya.

“Pemain termuda dalam sejarah Bundesliga yang berhasil mencapai 30 gol,” bunyi pernyataan klub.

Rekor Sancho di Bundesliga. Sumber: twitter.com/blackyellow

Selain menjadi pemain termuda yang berhasil mengemas 30 di Bundesliga, Sancho juga menorehkan rekor lain bagi pemain Inggris. Dilansir dari Squawka, lulusan akademi Manchester City itu menjadi pemain Inggris pertama yang berhasil mencetak 15 gol dan 15 assist lebih dalam satu musim di liga besar Eropa. Sebelumnya rekor ini dipegang selama 25 tahun oleh legenda Southampton, Matt Le Tessier yang menorehkan 19 gol dan 16 assist di musim kompetisi 1994/1995. Hebatnya lagi, Jadon Sancho memecahkan rekor tersebut di usianya yang masih menginjak 20 tahun.

Rekor Lain Sancho. Sumber: twitter.com/squawka

Musim ini memang berjalan begitu baik bagi Jadon Sancho. Pemain sayap incaran Manchester United dan Chelsea itu berhasil mencatatkan 20 gol dan 20 assist dalam 39 penampilannya di musim ini. Penampilan impresifnya itu memancing pujian dari rekan satu timnya di Dortmund, Axel Witsel.

“Kupikir dia adalah salah satu yang terbaik di generasinya. Dia masih bisa berkembang lebih baik lagi karena dia masih sangat muda,” ujar gelandang asal Belgia dikutip dari Omnisport.

Performa apik Sancho masih terus dibutuhkan Dortmund sampai akhir musim. Pasalnya tim yang bermarkas di Signal Iduna Park itu masih dalam persaingan dengan Bayern Munchen menuju gelar juara Bundesliga. Tim Kuning Hitam masih berada di posisi kedua dan berjarak tujuh poin dari rival abadinya itu di puncak klasemen sementara.