Kabar Gembira, Liga Champions dan Liga Europa akan Kembali Berlaga

Setelah Liga-liga domestik di Eropa kembali berlaga, kini dua kompetisi besar di benua biru yakni Liga Champions dan Liga Europa akan kembali berlanjut. Bulan Agustus menjadi waktu yang dipilih untuk memulai perhelatan akbar sepakbola Eropa tersebut.

Organisasi sepakbola Eropa (UEFA) telah mengumumkan bahwa kompetisi Liga Champions dan Liga Europa akan kembali berlanjut pada bulan Agustus mendatang. Kedua kompetisi itu telah memasuki babak gugur, di mana Liga Champions telah mencapai babak 16 besar dan Liga Europa menginjak babak 32 besar.

Untuk Liga Champions, empat tim telah memastikan kelolosannya ke babak perempat final yaitu Paris Saint-Germain, Atalanta, Atletico Madrid, dan RB Leipzig. Sedangkan 4 tiket tersisa masih diperebutkan 8 tim yang masih menyisakan empat pertandingan tersisa yang diantaranya Manchester City vs Real Madrid (2-1), Bayern Munich vs Chelsea (3-0), Juventus vs Lyon (0-1), Barcelona vs Napoli (1-1).

Keempat pertandingan tersebut rencananya akan berlangsung pada tanggal 7-8 Agustus 2020 mendatang. Ada dua opsi yang sedang dipertimbangkan UEFA, pertama sisa pertandingan di babak 16 besar akan berlangsung di stadion masing-masing klub atau opsi kedua di mana pertandingan akan dilangsungkan di tempat netral yakni Portugal. Kedua opsi ini akan diputuskan UEFA sebelum tanggal 10 Juli 2020 mendatang.

Presiden UEFA, Alexander Ceferin menyatakan bahwa pihaknya akan memutuskan pada pertengahan Juli nanti apakah penonton akan diperkenankan hadir di stadion saat kompetisi Liga Champions dan Liga Europa kembali dilanjutkan.

“Jika saya ditanya sekarang, kami (UEFA) belum membayangkan bahwa akan ada penonton yang akan hadir di partai final Liga Champions atau Liga Europa, namun keputusan ini akan berubah seiring situasi dan kondisi yang terjadi nantinya. Kami akan menilai situasinya pada awal Juli dan akan melihat situasinya seperti apa. Setelah itu, kami akan memutuskan terlebih dahulu mengenai diperbolehkannya kehadiran penonton di stadion,” ujar Presiden UEFA, Alexander Ceferin dikutip dari Sky Sports.

Pihak UEFA juga telah merilis jadwal sisa Liga Champions hingga partai puncak, yaitu

  • Babak 16 besar: 7-8 Agustus 2020
  • Perempat final: 12-15 Agustus 2020
  • Semifinal: 18-19 Agustus 2020
  • Final: 23 Agustus 2020

Sementara untuk kompetisi Liga Europa, untuk kelanjutan turnamen dari babak perempat final hingga akhir akan berlangsung pada 10-21 Agustus 2020 dan bertempat di empat stadion di Jerman.