4 Juni, Hari Di Mana Real Madrid Mematahkan Kutukan Liga Champions

Liga Champions Eropa sebagai kompetisi sepakbola paling bergengsi di benua biru tentu menyimpan serba-serbi yang menarik perhatian. Salah satu yang cukup diingat adalah kutukan di mana tidak ada tim yang berhasil mempertahankan gelar Si Kuping Besar sejak 1990. Seperti kutukan, beberapa tim yang mencoba mempertahankan titel Liga Champions pun sempat menelan pil pahit di partai puncak. Namun, tepat hari ini pada tiga tahun lalu Real Madrid berhasil memutus kutukan unik tersebut.

Tepat hari ini pada tiga tahun lalu, klub raksasa asal Spanyol, Real Madrid berhasil mencatat sejarah sekaligus memecahkan rekor yang bertahan sejak 1990. Klub yang bertabur dengan bintang itu menjadi tim pertama yang berhasil menjuarai Liga Champions selama dua tahun berturut-turut. 

Los Blancos berhasil memenangi trofi Si Kuping Besar setelah mengandaskan perlawanan juara Liga Italia, Juventus dengan skor telak 1-4. Dalam laga yang berlangsung di stadion Millenium Cardiff, Wales, Cristiano Ronaldo berhasil menjadi protagonis setelah menyarangkan dua gol ke gawang Gianluigi Buffon. Dua gol lainnya turut disumbangkan oleh Casemiro dan Marco Asensio.

Awalnya pertandingan ini berjalan dengan sengit di babak pertama. Real Madrid unggul terlebih dahulu berkat gol CR7 di menit 20. Tujuh menit berselang, Si Nyonya Tua berhasil mencetak gol balasan melalui sepakan akrobatik Mario Mandzukic. Namun pada babak kedua segalanya berjalan buruk bagi Juventus, karena Real Madrid berhasil unggul tiga gol yang dicetak pada menit 61, 64, dan 90.

FOTO: Permalukan Juventus, Madrid Juara Liga Champions 2016-2017 ...
Selebrasi kemenangan CR7 di Final Liga Champions 2017. Sumber: bola.com

Berkat kemenangan ini, Real Madrid semakin mengukuhkan rekornya sebagai pemegang titel Liga Champions terbanyak dengan torehan 12 kali juara. Kemenangan itu juga semakin berkesan karena tim asuhan Zinedine Zidane menjadi klub pertama yang berhasil mempertahankan gelar juara di era Liga Champions.

Sebelum Real Madrid, beberapa klub telah mencoba peruntungannya untuk mempertahankan gelar juara pada era Liga Champions. Sayangnya upaya klub-klub tersebut selalu gagal. Mereka adalah AC Milan (1995), Ajax Amsterdam (1996), Juventus (1997), dan Manchester United (2009).

AC Milan menjadi tim terakhir yang mampu meraih gelar juara Liga Champions dua tahun berturut-turut, tepatnya pada rentang tahun 1989 dan 1990. Namun raihan ini dicapai ketika kompetisi masih memakai format Piala Champions.

Kredit foto: goal.com