#PlayersTogether: Gerakan Nyata Bintang Premier League Melawan Corona

Pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda kemunduran. Semakin hari malah semakin banyak orang yang terjangkit virus mematikan ini. Beribu upaya telah dilakukan untuk menumpas mata rantai penyebarannya. Sepakbola sebagai salah satu industri bernilai di dunia tak ketinggalan untuk berkontribusi guna melawan corona. Bintang Premier League pun ikut berperan sebagai aktor dalam gerakan yang dinamai #PlayersTogether.

Inggris sampai hari ini masih menjadi salah satu negara dengan kasus corona terbanyak di dunia. Menurut data yang dilansir dari Johns Hopkins University & Medicine, Negeri Ratu Elizabeth memiliki 61.487 kasus positif dengan 7.097 diantaranya telah meninggal dunia dan 351 orang dinyatakan sembuh.

Untuk melawan pandemi ini, beberapa pemain Liga Inggris dikabarkan akan berpartisipasi dalam penggalangan dana yang dinamai aksi #PlayersTogether. Gerakan ini dimotori oleh kapten Liverpool, Jordan Henderson.

Dikutip dari Daily Mail, penggalangan dana yang dikumpulkan melalui kampanye #PlayersTogether akan disalurkan ke tempat-tempat yang membutuhkan guna melawan virus Covid-19. Belakangan diketahui bahwa dana yang telah terkumpul akan dialirkan oleh Badan Kesehatan Nasional (NHS). Tindakan ini telah dikonfirmasi melalui pernyataan resmi yang dirilis pada Rabu (8/4) lalu.

“Selama berminggu-minggu, kami sebagai gabungan pemain Premier League telah mengadakan banyak pembahasan untuk membuat visi untuk menciptakan penggalangan dana yang nantinya akan disalurkan ke tempat-tempat yang membutuhkan untuk menangani krisis Covid-19. Membantu mereka yang berjuang untuk kita seperti Badan Kesehatan Nasional (NHS) sebagai garda terdepan melawan virus ini. Sekarang adalah waktu yang krusial untuk negara kami dan kami bertekad untuk membantu dengan cara apapun yang kami bisa,” jelas isi pernyataan kampanye #PlayersTogether dilansir dari Daily Mail.

Sontak aksi ini mendapatkan banyak pujian dari berbagai kalangan. Salah satunya datang dari Sekretaris Kesehatan Inggris, Matt Hancock. Dirinya menyatakan bahwa penggalangan dana tersebut sangat berarti untuk otoritas NHS dalam berperang melawan virus corona.

“Kami sangat menyambut dengan hangat keputusan luar biasa para pemain Premier League yang telah menciptakan #PlayersTogether untuk membantu badan amal NHS. Kalian telah memainkan peran yang nyata,” tutur Hancock melalui akun Twitter Pribadinya.

Apresiasi lainnya datang dari mantan pemain Tim Nasional Inggris, Gary Lineker. Ia menyampaikan pujian atas diadakannya kampanye #PlayersTogether oleh pemain Premier League. Pujian khusus Lineker sampaikan untuk Jordan Henderson sebagai tokoh yang menginisiasi gerakan tersebut.

“Luar biasa brilian, benar-benar bagus mereka semua. Anak-anak muda ini menunjukkan contoh yang benar #PlayersTogether,” ujar Lineker di akun Twitter pribadinya.

“Kerja bagus @JHenderson,” Lineker secara khusus memuji kapten Liverpool tersebut.

Nama-nama tenar dikabarkan telah mengikuti #PlayersTogether, di antaranya adalah Jordan Henderson, Virgil van Djik, Kevin De Bruyne, Sergio Aguero, Marcus Rashford, Harry Kane, Pierre-Emerick Aubameyang, dan masih banyak nama lainnya.