Sebuah Gelar Juara yang Pantas Untuk Bayern Munich

Bayern Munich akhirnya kembali menjuarai Bundesliga di musim ini setelah mengandaskan perlawanan Werder Bremen dengan skor tipis 0-1. Gelar juara tersebut semakin memperpanjang rekor Die Roten yang berhasil meraih gelar juara liga sebanyak delapan kali secara beruntun sejak musim 2012/13. Gelar musim ini terasa spesial karena Robert Lewandowski dan kolega memperolehnya secara berkelas dengan unggul jauh di puncak klasemen dari pesaing terdekatnya, Borussia Dortmund.

Terkunci sudah gelar juara Bundesliga musim ini oleh Bayern Munich. Tim asuhan Hansi Flick berhasil menjadi kampiun setelah menang tipis atas Werder Bremen malam tadi dengan skor 0-1. Robert Lewandowski menjadi penentu kemenangan berkat golnya sebelum babak pertama berakhir. Kemenangan ini semakin memperpanjang rentetan gelar liga yang diraih Die Roten secara beruntun sejak musim 2012/13.

Bayern Munich musim ini memang tampil cukup menawan sejak ditangani Hansi Flick pada November lalu. Bersama juru taktik yang sebelumnya hanya diangkat sebagai pelatih interim, nyatanya performa Bayern terus menggila. Bahkan pelatih asal Jerman itu berhasil mencatatkan rekor yang mentereng dengan memenangan 26 pertandingan dari 29 pertamanya. Torehan tersebut melebihi rekor sebelumnya yang diraih oleh Pep Guardiola.

Beberapa faktor menjadi pendukung melejitnya performa Bayern Munich musim ini. Selain taktik yang pas dari Hansi Flick, produktifnya Robert Lewandowski turut mendongkrak penampilan The Bavarian musim ini. Sebanyak 31 gol berhasil dicetak Lewandowski di Bundesliga dan 46 gol di semua kompetisi. Catatan ini menjadi raihan terbaik striker asal Polandia itu selama bermain di Bayern Munich.

Tajamnya Lewandowski di depan gawang juga didukung moncernya Thomas Muller musim ini. Pemain Timnas Jerman itu berhasil menjadi raja assist di Bundesliga dengan 20 umpannya yang berhasil dikonversi menjadi gol. Selain itu, penampilan dari pemain muda yang dimiliki Bayern Munchen patut diberikan kredit khusus.

Nama-nama pemain seperti Joshua Kimmich, Benjamin Pavard, Leon Goretzka, hingga Alphonso Davies sukses menyegel status ini di susunan pemain Bayern Munchen di hampir setiap pekannya. Khusus nama terakhir, dirinya menjadi perbincangan dengan mampu menjadi pemain tercepat di Bundesliga sepanjang sejarah.

Beberapa faktor tadi menjadi penentu Bayern Munchen keluar sebagai juara Bundesliga musim ini. Tim yang bermarkas di Allianz Arena itu masih berkesempatan untuk meraih treble musim ini dengan masih terlibatnya mereka di DFL Pokal dan Liga Champions. Dengan konsistensi dan kesiapan mereka yang lebih dari tim lain setelah pandemi, kemungkinan Bayern meraih treble akan terbuka lebar.

Kredit foto: Times of India