Dunia Olahraga Ikut Merana, Imbas Dari Corona

Virus Corona telah menjadi perhatian seluruh dunia. Penyakit yang menyerang sistem pernapasan ini menyebar luas ke banyak negara. Imbasnya segala aktivitas yang melibatkan keramaian pun menjadi terhambat, dunia olahraga pun ikut kena getahnya. Akibatnya banyak kompetisi olahraga kelas dunia harus tertunda.

Virus Corona atau dalam istilah kedokteran disebut dengan COVID-19 berada di level penyebaran yang cukup mengkhawatirkan. Setidaknya sudah 80 negara yang dikonfirmasi terkena wabah yang berasal dari kota Wuhan, China itu. Masifnya kasus virus corona di berbagai negara membuat banyak kegiatan terhambat, terutama yang melibatkan keramaian.

Berbagai acara baik konser musik atau pameran kelas dunia telah dibatalkan menyusul merebaknya virus COVID-19 itu. Alasan keamanan dan kesehatan tentu menjadi penyebab utama dibatalkannya beberapa acara tersebut. Hal ini juga terjadi di dunia olahraga kelas dunia yang pastinya melibatkan banyak atlet dan pihak dari berbagai negara.

Berbagai cabang olahraga telah mengumumkan penundaan pagelaran yang sedianya akan diselenggarakan dekat-dekat ini. Salah satunya datang dari ajang balap motor terbesar dunia, MotoGP. Seri Qatar yang sedianya akan berlangsung pada tanggal 8 Maret esok terpaksa dibatalkan penyelenggara.

Pembatalan ini dikarenakan banyaknya pembalap kelas MotoGP yang berasal dari Italia. Mereka adalah Valentino Rossi, Andrea Iannone, Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, Francesco Bagnala dan Franco Morbidelli. Pemerintah Qatar sedang membatasi kunjungan dari luar negeri khususnya Italia. Negeri Pizza tersebut menjadi salah satu negara Eropa yang terkena penyebaran virus corona.

Meski begitu perlombaan di kelas bawahnya seperti Moto2 dan Moto3 tetap terlaksana sesuai jadwal. Tak lama setelah seri Qatar, MotoGP Thailand juga terpaksa ditunda oleh pemerintah setempat yang harusnya digelar pada 22 Maret mendatang.

Masih dari dunia balap, kompetisi balap jet darat yakni Formula 1 (F1) juga terpaksa mengalami penundaan di seri China. Balapan yang sedianya dihelat pada bulan April akan ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Kompetisi balap mobil lainnya, Formula E juga menunda salah satu serinya yang akan berlangsung di kota Sanya, China yang seharusnya digelar bulan Maret ini.

Masih dari negeri Tirai Bambu, kompetisi liga sepakbola China atau Chinese Super League (CSL) musim 2020 telah resmi ditunda penyelenggaraannya. Selain itu, beberapa pertandingan Liga Champions Asia yang melibatkan klub asal China juga ditunda, Piala AFC dan laga kualifikasi untuk Olimpiade 2020 yang dijadwalkan di kota Wuhan terpaksa dipindahkan ke Australia.

Tak hanya di Asia, perhelatan olahraga di Eropa juga terpaksa ditunda akibat virus corona. Salah satunya adalah Liga Italia. Seperti yang dijelaskan diatas, Italia menjadi negara yang cukup terdampak virus COVID-19. Pemerintah setempat telah mengeluarkan imbauan untuk meliburkan perhelatan olahraga selama satu bulan. Praktis kompetisi sepakbola di Italia terancam libur selama 30 hari kedepan.

Tak hanya Liga Italia, Liga Super Swiss juga telah membatalkan seluruh pertandingan di akhir minggu lalu. Serta belum mendapatkan kejelasan apakah pertandingan di minggu ini dapat dilgelar ataupun tidak.

Selain perhelatan olahraga di atas, turnamen Olimpiade yang sedianya dijadwalkan tahun ini terancam ditunda karena virus corona. Khusus untuk Olimpiade 2020, tuan rumah Jepang telah mendapatkan lampu hijau untuk menunda turnamen olahraga empat tahunan itu, setidaknya sampai akhir tahun mendatang.