Dennis Wise dan Des Walker Pimpin Garuda Select

Program pengiriman pemain muda ke Eropa dalam label Garuda Select dilanjutkan setelah sempat terhenti akibat pandemi Covid-19. Kegiatan ini langsung ditangani legenda hidup Chelsea dan timnas Inggris, Dennis Wise, yang dibantu oleh maskot dari klab Nottingham Forrest, Des Walker.

Seleksi ketat telah dilakukan di Stadion Pakansari, Cibinong, pada 27 Oktober hingga hari ini, 4 November 2020. Garuda Select merupakan program pengembangan pemain usia muda, hasil kerja sama PSSI dengan salah satu stasiun televisi berbayar, Mola TV. Ini merupakan jilid yang ketiga sejak pertama kali diluncurkan pada 2019.

Di edisi perdananya, 24 pemain muda berlatih di Inggris selama kurang lebih 5 bulan. Selama berada di sana, mereka mendapat pelatihan berstandar Eropa, baik di dalam dan luar lapangan. Sementara edisi kedua yang dilaksanakan pada Oktober 2020, terpaksa harus dihentikan pada Maret 2020 saat Inggris melaksanakan karantina wilayah pencegahan penyebaran Virus Corona. “Para pemain ini berasal dari kompetisi yang dilakukan PSSI sebelum pandemi Covid-19. Kompetisi tersebut seperti Piala Soeratin U-15 dan rekomendasi klub-klub anggota Elite Pro Academy U-16. Selain itu ada hasil pantauan Dennis Wise dan tim pelatihnya,” ujar Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, di situs resmi PSSI.

Sebelum menjalani seleksi, para pemain dikumpulkan untuk melakukan swab dan rapid test sebagai dasar protokol kesehatan. Setelah itu registrasi ulang, kemudian mereka diberikan pengarahan mengenai program yang memiliki harapan besar tersebut.

“Kami mencari pemain-pemain muda dari seluruh Indonesia yang sumbernya dari kompetisi usia muda PSSI dan pantauan kami. Mereka kami seleksi untuk kami bawa ke Inggris, di mana mereka harus menampilkan kemampuan terbaiknya,” kata Wise.

Para perwakilan dari 18 tim peserta Elite Pro Academy (EPA) PSSI sudah menunjukkan kemampuan terbaiknya saat training di Bogor. Dari seluruh 18 tim masing-masing mengirimkan tiga orang pemain terbaik mereka melalui PSSI untuk nantinya diseleksi langsung di bawah arahan Direktur Sepak Bola Garuda Select, Dennis Wise, dan Pelatih Kepala Des Walker beserta timnya.

Dennis Wise sendiri mengaku puas terhadap kemampuan para peserta seleksi kali ini. Hal itu membuat Wise kesulitan untuk menyeleksi pemain yang akan masuk dalam program Garuda Select III.

“Secara teknik, mereka terbilang cukup mumpuni,” ungkap Wise, sebagaimana dikutip Vantage dari pres rilis PSSI.

“Tetapi jelas, masih banyak waktu untuk berkembang lebih baik lagi.” “Saya ingin segera melatih para pemain berbakat ini lebih mendalam lagi.”

Foto: garudaselect.com