Debut Michael Jordan di NASCAR

Legenda NBA, sekaligus superstar basket terfenomenal sepanjang masa, Michael Jordan, akan segera memulai debutnya untuk berbisnis di bidang olahraga baru, NASCAR.

Pebasket yang akrab dipanggil MJ ini berkongsi dengan pemenang tiga kali Daytona 500, Denny Hamlin. Mereka mengumumkan kerjasamanya untuk membentuk tim Seri NASCAR dengan memilih pembalap muda keturunan Afrika Amerika berusia 26 tahun, Bubba Wallace, sebagai andalannya. Dilansir dari CNN, juru bicara Michael Jordan, Estee Portnoy, mengungkapkan bahwa Wallace sudah menandatangani kontrak dengan MJ dan Hamlin.

Jordan mencetak sejarah baru sebagai pemilik mayoritas kulit hitam pertama dari tim balap full-time di seri utama NASCAR dalam 60 tahun terakhir. Orang kulit hitam terakhir yang berkiprah di NASCAR adalah Wendell Scott, yang memiliki sekaligus mengendarai mobilnya sendiri dari tahun 1960-an hingga awal 1970-an.

“Saya sudah menjadi penggemar berat NASCAR di dalam sepanjang hidup saya,” ujar Jordan. “Kesempatan untuk memiliki tim balap sendiri, dengan partner teman baik saya sendiri, Denny Hamlin, dan memilih Bubba Wallace untuk berada di tim kami, merupakan hal yang sangat menarik bagi saya.”

Masih dilansir dari cnn.com “NASCAR sendiri secara sejarah banyak berjuang untuk keragaman, dan hanya ada sedikit pemilik yang berkulit hitam,” ujar Jordan. “Ini merupakan waktu yang pas, karena NASCAR kian berkembang, dan semakin ke sini semakin merangkul perubahan sosial,” tambahnya. Jordan melakukan hal ini sebagai salah satu upaya kontribusinya terhadap isu keberagaman yang telah menjadi fokus utama dalam olahraga di seluruh dunia, terutama sejak kebangkitan gerakan Black Lives Matter. Protes yang menyerukan diakhirinya rasisme dan reformasi polisi telah membuat perusahaan, atlet, dan selebritas sepakat dengan perselisihan rasial di Amerika.

Bubba Wallace mengumumkan awal bulan ini bahwa ia akan meninggalkan tim Richard Petty Motorsports setelah musim 2020. Wallace sudah bersama tim ini selama tiga musim terakhir. “Ini adalah kesempatan unik sekali seumur hidup, yang saya yakini sangat cocok untuk karir saya saat ini,” kata Wallace. “Baik Michael dan Denny adalah tokoh-tokoh yang bisa fokus untuk membangun tim terbaik, di mana mereka akan mengeluarkan kemampuan terbaiknya untuk bersaing dan memenangkan perlombaan.”

Image: NY Post