Kedahsyatan Cristiano Ronaldo: Cetak Gol Ke-700 dan Menjadi Raja Gol Eropa

Cristiano Ronaldo belum usai untuk menjadi perbincangan orang banyak. Pembahasan terbaru soal dirinya adalah bagaimana ia berhasil mencetak gol ke-700 dan menjadikan kapten Timnas Portugal ini sebagai raja gol Eropa. Prestasi tersebut memang layak jadi bukti kedahsyatan pemain berumur 34 tahun tersebut.

Gol ke-700 Christiano Ronaldo dicetak lewat titik putih di menit 72 saat Portugal dikalahkan Ukraina 2-1 dalam lanjutan Kualifikasi EURO 2020 Grup B, Selasa (15/10/2019). Ronaldo mencetak semua gol nya untuk tim nasional Portugal (termasuk laga-laga persahabatan) dan klub-klub yang dibelanya (Sporting, Manchester United, Real Madrid, Juventus). 95 gol ia cetak dalam 162 penampilan untuk Portugal.

Dari 95 gol, 44 gol dicetak CR7 di kandang (termasuk di EURO 2004 dan putaran final UEFA Nations League di Portugal). Sementara itu, 36 gol dicetaknya saat tandang, dan 15 gol di tempat netral. Gol-golnya itu membantu Portugal meraih 52 kemenangan. Sisanya adalah lima kali imbang dan enam kali kalah.

Cristiano juga mengukir delapan hat-trick bersama Portugal, juga dua kali mencetak quatrick (empat gol dalam satu laga). Dia pun sudah mengoleksi 14 brace (dua gol dalam satu laga), dan 41 gol lainnya berupa satu gol di satu laga.

Selain itu, dirinya bisa menciptakan gol dengan menggunakan hampir semua bagian tubuhnya. Dilansir dari Bleacherreport, ada 444 gol dari 700 gol Ronaldo yang tercipta melalui kaki kanan. Untuk kaki kiri, pemain berambut klimis itu menyumbang 126 gol. Kepala CR7 juga sama berbahayanya. Terbukti, ia mampu menciptakan 128 gol melalui sundulan kepala. 2 gol lain tercipta lewat anggota tubuh lainnya.

Tidak ada pemain lain di Eropa yang bisa melebihi gol nya saat ini. Untuk ukuran dunia, dia hanya kalah dari Ali Daei, yang mencetak 109 gol untuk tim nasional Iran. Dengan gol kontra Ukraina, Cristiano Ronaldo semakin mengukuhkan statusnya sebagai pemain tim nasional tertajam di Eropa. Dia saat ini unggul 11 gol atas sang legenda Ferenc Puskas di peringkat dua.

700 gol yang ditorehkan Cristiano Ronaldo tercipta di 14 ajang yang berbeda. Perinciannya adalah: 7 gol di Piala Dunia, 127 di Liga Champions, 9 di Piala Eropa, 57 gol di kualifikasi, 3 di National League, 2 gol di Piala Konfederasi, 8 gol di Piala Dunia Antarklub, 2 di Piala Super, 311 gol di La Liga bersama Real Madrid, 84 gol di Premiere Lague bersama Manchester United, 24 gol di Serie A bersama Juventus, 3 gol di Primeira Liga bersama Sporting, 17 gol di laga persahabatan internasional, dan 46 di Domestic Cup.

Ronaldo sendiri berpotensi menambah pundi-pundi golnya karena saat ini dia masih aktif bermain bersama Juventus serta tim nasional Portugal. Kata pensiun juga nampaknya masih belum masuk dalam benak ayah satu orang anak ini.