Cristiano Ronaldo Menjadi Pesepakbola Triliuner Pertama Sepanjang Sejarah

Sepakbola kini telah menjadi salah satu industri olahraga dengan perputaran ekonomi yang besar. Hak siar televisi, pemasukan dari sponsor, hingga pendapatan lain dari tiket dan merchandise menjadi pemasukan besar untuk industri Si Kulit Bundar. Maka tak heran bila pesepakbola profesional bisa menjadi atlet dengan pendapatan tertinggi. Nama-nama tenar seperti Lionel Messi, Neymar, hingga Cristiano Ronaldo sering bergantian menjadi pemain dengan penghasilan tertinggi. Khusus nama terakhir, Ia baru saja dinobatkan sebagai pesepakbola pertama yang dinobatkan sebagai Triliuner.

Cristiano Ronaldo dikabarkan berhasil memecahkan rekor dalam hal pendapatan. Berdasarkan laporan dari Forbes, sepanjang 2019 lalu kapten Timnas Portugal itu berhasil mendapatkan pemasukan sebanyak 105 juta dolar Amerika. Perolehan ini menempatkan CR7 diposisi keempat pada urutan “The 2020 Forbes Celebrity 100”. Pendapatan ini juga mengantarkan bintang Juventus itu sebagai pemain sepakbola pertama yang penghasilannya mencapai 1 miliar dolar Amerika.

Menurut catatan Forbes, Ronaldo memperoleh pendapatan sebesar 650 juta dolar Amerika  (sekitar Rp 9,146 triliun) selama 17 tahun kariernya di sepakbola. Sedangkan sisa kekayaannya didapatkan dari aktivitas endorsement dan merek fashion, jaringan hotel, hingga museum yang terletak di kampung halamannya di Madeira, Portugal.

Mantan pemain Real Madrid dan Manchester United itu juga menjadi salah satu atlet yang berhasil mendapatkan predikat triliuner ketika masih aktif bermain. Sebelumnya ada legenda golf, Tiger Woods yang mencapainya di tahun 2009 setelah mendapatkan kontrak jangka panjang dari Nike, dan petinju Floyd Mayweather yang mencapainya di tahun 2017 ketika dinobatkan sebagai atlet tinju dengan pendapatan hak siar tertinggi sepanjang sejarah.

Persaingannya dengan Lionel Messi di tanah Spanyol menjadi pemicu yang mengantarkan Ronaldo untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi. Kedua pemain tersebut terlibat persaingan tingkat tinggi selama 9 tahun lamanya untuk memperebutkan gelar pemain terbaik dunia.

Selain menjadi pemain terbaik dunia, Ronaldo juga dianggap sebagai pemain dengan jiwa selebritas yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan penampilannya yang selalu menjadi tren. Tak hanya itu, Ronaldo juga menjadi manusia pertama yang mendapatkan 200 juta pengikut di Instagram. Hal ini menjadi bukti bahwa CR7 menjadi olahragawan terpopuler sepanjang sejarah.

Pada usianya yang kini menginjak 35 tahun, belum ada tanda penurunan performa dari peraih 4 gelar Ballon d’or itu. CR7 masih menjadi andalan Juventus untuk meraih gelar juara dan menjadi tumpuan Tim Nasional Portugal.