Maksud dari Coretan Pipi Berwarna Merah Pemain Liga Italia

Liga Italia Serie A telah menyelasaikan seluruh pertandingan pekan ke-13 pada minggu kemarin. Tim-tim besar seperti Juventus dan Inter berhasil mengalahkan lawan-lawan mereka. Ada juga partai big match yang berakhir imbang antara Milan melawan Napoli. Tapi jika diperhatikan lebih seksama, ada satu hal menarik yang dilakukan para pemain yang bertanding. Mereka memberikan coretan berwarna merah di pipi masing-masing.

Tidak hanya pemain besar seperti Paulo Dybala, Edin Dzeko, atau Lautaro Martinez, tapi hampir seluruh pemain dari semua tim yang bertanding di Liga Italia pekan lalu ikut memberikan coretan merah pada pipi mereka.

Apa yang dilakukan mereka bukanlah tanpa sebab. Coretan berwarna merah di pipi tersebut adalah bentuk dukungan untuk perlawanan terhadap kekerasan pada perempuan. Gerakan tersebut diberi nama #unrossoallaviolenza, atau bisa diartikan kartu merah terhadap kekerasan.

Inisiator dari gerakan itu We World Onlus, sebuah organisasi dunia yang rajin untuk menolak kekerasan terhadap perempuan. Gerakan ini bukan yang pertama dilakukan, kampanye serupa pernah dilakukan juga di Liga Italia pada musim 2018-2019. Pada musim itu, selain tanda merah di pipi, sejumlah wanita yang memakai kaos khusus juga mendampingi pemain masuk ke lapangan.

Gerakan perlawan ini tidak hanya dilakukan oleh pemain yang masih aktif bermain saja. Beberapa legenda Liga Italia seperti Alessandro Del Piero dan Marco Matterazzi juga ikut berpartisipasi dengan memposting foto mereka di akun Twitter masing-masing, lengkap dengan coretan merah di pipi.

Semoga dengan adanya gerakan tersebut, angka kekerasan terhadap perempuan bisa menurun di kemudian hari.