Sudah Siap Melepas Rindu Dengan Sepakbola? Karena Bundesliga Akan Kembali Bergulir

Memasuki bulan Mei, kabar baik tentang pandemi Covid-19 terus berdatangan menenangkan hati. Banyak negara sudah mengumumkan bila mereka telah melewati titik terburuk dari virus tersebut. Benua Eropa sebagai kawasan yang terkena dampak wabah yang besar mulai optimistis untuk kembali pada keadaan semula. Salah satunya terjadi di Jerman. Negara tersebut telah berhasil menekan laju penyebaran Covid-19. Sebagai ganjarannya pemerintah setempat memperbolehkan kompetisi sepakbola tertinggi, Bundesliga untuk kembali digelar. Akhirnya.

Kabar gembira untuk para pencinta sepakbola datang dari Jerman. Sang Kanselir, Angela Merkel, telah mengumumkan bahwa kompetisi sepakbola tertinggi Bundesliga telah diizinkan untuk bergulir kembali di pertengahan Mei.

Dilansir dari Goal, Merkel telah memberikan izin pada jumpa pers Rabu (6/5) kemarin. Kompetisi bisa dilanjutkan dengan catatan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat di setiap pertandingan. 

Berdasarkan izin yang telah diberikan, dua divisi teratas dari Bundesliga bisa memulai kembali kompetisi paling cepat ditanggal 15 Mei atau 22 Mei 2020. Sebagai informasi, Bundesliga Jerman terpaksa dihentikan pada Maret lalu akibat merebaknya virus corona di Eropa. Negeri Der Panzer langsung memberikan reaksi dengan memberlakukan kebijakan lockdown.

Kini dengan menurunnya penambahan kasus Covid-19 di Jerman, kebijakan lockdown telah dilonggarkan oleh pemerintah. Beberapa tempat seperti rumah ibadah, sekolah, dan taman bermain akan dibuka kembali secara bertahap. 

Kepastian dilanjutkannya liga Jerman mematahkan isu bahwa kompetisi tersebut akan terus ditunda, desas-desus itu muncul setelah adanya 10 kasus baru Covid-19 yang didapat setelah otoritas liga (DFL) mengadakan tes kepada seluruh pemain pada pekan lalu. Kekhawatiran semakin besar ketika seorang pemain dari Hertha Berlin, Salomon Kalou tertangkap basah melanggar aturan lockdown.

Bergulirnya Bundesliga menjadi angin segar bagi para penggemar. Pasalnya kompetisi tersebut sedang seru-serunya sebelum ditangguhkan pada Maret silam. Pasalnya tiga klub yakni Bayern Munchen, Borussia Dortmund, dan RB Leipzig sedang bersaing ketat memperebutkan puncak klasemen.

The Bavarians berada dipuncak klasemen dengan 55 poin, disusul Dortmund dengan selisih 4 poin, dan RB Leipzig ikut menguntit di posisi ketiga dengan selisih 5 poin. Hanya tersisa 9 pekan saat kompetisi dilanjutkan, menarik untuk menyaksikan persaingan ketiga tim tersebut memperebutkan titel tertinggi di negeri Der Panzer.