16 Tim Resmi Lolos dari Fase Grup Liga Champions

Pertandingan di fase grup Liga Champions 2019/2020 baru saja berakhir. 16 tim dipastikan lolos ke babak 16 besar. Beberapa tim unggulan bisa jadi saling bertemu di babak knock out.

Dari Grup A, Paris Saint-Germain berhasil jadi pemuncak klasemen dengan meraih 16 poin dan tidak pernah sekalipun menderita kekalahan dari enam laga yang mereka lakoni. Sementara itu, raksasa Spanyol, Real Madrid ada di posisi kedua dengan 11 poin dan menemani PSG melaju ke babak selanjutnya. El Real kemungkinan bertemu lawan tangguh di babak 16 besar.

Di Grup B, Bayern Munchen menjadi satu-satunya kontestan yang meraih hasil sempurna di fase grup. The Bavarian menyapu bersih enam pertandingan dengan kemenangan, sehingga mendapatkan poin maksimal 18 poin dan jadi jawara di Grub B. Posisi runner up grup ditempati oleh Tottenham Hotspur dengan meraih 10 poin.

Untuk Grup C, dari awal Manchester City sudah diprediksi akan mudah untuk menjadi pemuncak klasemen, dan itu menjadi kenyataan. The Citizen berhasil meraih 14 poin dan tidak pernah menderita kekalahan. Kejutan terjadi di grup ini, Atalanta yang sempat kalah tiga kali beruntun di tiga partai awal berhasil bangkit di tiga sisa laga akhir dan mampu berada di peringkat kedua dengan raihan 7 poin.

Juventus dan Atletico Madrid berhasil jadi dua tim yang lolos dari Grup D. Si Nyonya Tua ada di peringkat pertama dengan 16 poin dan diikuti oleh Atletico yang mendapat 10 poin.

Sang juara bertahan Liverpool menjadi jawara di Grup E. The Reds sukses meraih 13 poin dari enam pertandingan penyisihan grup. Dari tiga lawan yang dihadapi di Grup E, Liverpool tidak mampu mengalahkan Napoli: sekali kalah dan imbang.

Napoli menemani Liverpool lolos ke fase knock out dengan menjadi runner up dan mendapat 12 poin. Untuk bagi Napoli, tapi apes untuk pelatihnya Carlo Ancelotti. Pasca memainkan laga terakhir, Napoli langsung memecat Carlo Ancelotti dan menunjuk Gennaro Gattuso sebagai pelatih baru.

Grup F yang di awal Liga Champions 2019/2020 disebut sebagai grup neraka meloloskan Barcelona sebagai juara grup dan Borussia Dortmund sebagai peringkat kedua. Inter Milan yang digadang-gadang bisa lolos, nyatanya hanya akan meneruskan kiprahnya di Liga Europa. Barcelona lolos dengan raihan 14 poin, sedangkan Dortmund dengan 10 poin.

Tim asal Jerman lain yang lolos ke babak selanjutnya adalah RB Leipzig. Mereka jadi pemuncak klasemen G dengan 11 poin dan selisih 3 poin dengan Lyon yang duduk di posisi kedua klasemen akhir.

Semifinalis Liga Champions tahun lalu, Ajax Amsterdam, gagal lolos dari Grup H. Pasalnya di partai pamungkas, mereka dikalahkan Valencia di kandang sendiri. Alhasil, Valencia melaju ke babak selanjutnya dengan 11 poin. Chelsea yang menang melawan Lille juga ikut melaju sebagai runner up. Valencia dan Chelsea memiliki poin yang sama, tapi tim Spanyol tersebut head to head dari Chelsea.

Undian babak 16 besar Liga Champions akan digelar pada Senin, 16 Desember 2019 pukul 12:00 CET atau 18:00 WIB di markas besar UEFA di Nyon, Swiss. Aturannya, 16 tim yang lolos akan dibagi menjadi dua, juara grup (unggulan) dan runner up. Para juara grup memiliki keuntungan karena akan memainkan leg kedua babak 16 besar sebagai tuan rumah.

Selain juara grup akan menghadapi runner up, aturan lainnya adalah bahwa tim yang berasal dari satu negara tak akan bisa saling bertemu, dan tim yang sudah bertemu di penyisihan grup tak diizinkan untuk kembali bertemu di babak 16 besar Liga Champions.

Untuk jadwal pertandingan babak 16 besar akan dimulai pada Februari tahun depan. Leg pertama 16 besar Liga Champions bakal digelar pada 18, 19, 25, dan 26 Februari 2020, disusul leg kedua pada 10, 11,17, dan 18 Maret 2020.