Sade Adu: Sang Eksotik Pencerah Jazz Berbalut Pop

Sade Adu yang eksotis adalah perempuan Inggris berusia 61 tahun yang memimpin grup soul smooth jazz yang diberi nama Sade juga.

Merilis 6 album bersama Sade, wanita yang suaranya penuh dengan belikat elegansi tersebut, sangatlah terlalu sayang untuk dilewatkan jika Anda sedang ingin berbicara topik lagu-lagu spektakuler berkadar premium.

Memiliki nama asli Helen Folasade Adu, Sade Adu memulai karir bersama Sade tahun 1982, dan merilis album pertamanya di 1984 melalui tajuk ‘Diamond Life’ yang melahirkan hits seperti “Smooth Operator”, “Your Love Is King”, “Hang On To Your Life”, dan “Sally”. Ini merupakan salah satu album terbaik di era awal 80-an, sekaligus sebagai pembuka jalan bagi para perempuan yang ingin memberikan suguhan berbeda dari karya-karya musiknya. Sebut saja Tracey Thorn dari duo Everything But The Girl.

Untuk format bandnya sendiri, Sade memiliki 3 pemain yang tidak pernah keluar dari pertama kali mereka berdiri hingga sekarang. Yaitu: Paul S. Denman (bas), Andrew Hale (kibor), dan Stuart Matthewman ((gitar, sax).

Album-album lain dari Sade: Promise (1985), Stronger Than Pride (1988), Love Deluxe (1992) dan Lovers Rock (2000) adalah pendobrak zaman melalui senjata-senjata terbaiknya seperti “The Sweetest Taboo”, “Jezebel”, “Paradise”, “No Ordinary Love”, “Kiss Of Life”, “By Your Side”, “King Of Sorrow”, dan “Lovers Rock”.

Bahkan band sekelas Deftones pun sangat tergila-gila dengan grup ini, sehingga mereka membawakan ulang “No Ordinary Love”.

Pengaruh Sade juga terasa di beberapa lagu Sophia Latjuba, ketika ibu dari penyanyi Eva Celia tersebut masih serius menekuni dunia musik bersama Maestro Jazz Piano Indonesia, Indra Lesmana. Sementara aksi panggungnya yang seksi sekaligus menggairahkan, menjadi aksi tontonan tersendiri yang akan membuat fantasi para pria penggemar Sade Adu selalu bergejolak sepanjang konser Sade berlangsung.

Sade akan menjadi pencerah hari-hari playlist Anda, terutama bagi kalian yang tidak terbiasa mendengarkan Sade. Utamanya adalah lagu-lagu yang telah disebutkan di atas.