Harta Karun dari Norwegia itu Bernama Boy Pablo

Perjalanan pulang dari kota Bandung mengantarkan saya mengenal band asal Norwegia ini. Alunan nada beraliran indie pop membuat saya sedikit menggoyangkan badan. Hingga akhirnya saya mengetahui pemilik lagu yang sukses membuat saya terjaga selama perjalanan tadi. Ya, merekalah Boy Pablo. Band yang berawal dari ketidaksengajaan ini meraih ketenarannya berkat algoritma ajaib YouTube.

Boy Pablo awalnya merupakan proyek musik yang dibentuk oleh sang pentolan Nicolas Pablo Munoz semasa merintis pendidikannya di Bergen, Norwegia. Berperan sebagai vokalis dan pemetik gitar, Munoz dibantu oleh beberapa temannya untuk keperluan live yang terdiri dari Gabriel pada posisi gitar, Henrik di bass, Eric di keyboard, dan Sigmund di drum.

Tak sulit rasanya mencerna musik dari band yang melejit dengan single berjudul “Everytime” itu. Alunan nada berkarakter lo-fi dengan suara lemas yang didominasi gitar ini menawarkan sensasi chill setiap kali mendengarnya.  Pemilihan kata yang mudah dicerna juga mempermanis lirik karya miliki Boy Pablo itu.

Cara perkenalan band ini pun cukup unik. Berbekal video musik yang digarap dengan sangat sederhana, Boy Pablo membuka jalannya sendiri untuk dikenal ke berbagai penjuru dunia. Anak muda saat ini termasuk saya pastinya tak asing dengan musisi kekinian macam Rex Orange County dan Honne. Setelah mendengarkan dua musisi tersebut, secara otomatis alogaritma YouTube akan mengarahkan ke Boy Pablo.

Video Musik Boy Pablo berjudul Everytime

“Kami memainkan instrumen mengalir saja, benar-benar spontan,” kenang Munoz kala ditanya mengenai viralnya video musik pertamanya berjudul “Everytime”.

Setelah meledaknya lagu “Everytime” tadi, Boy Pablo menjadi semakin produktif dengan melahirkan lagu-lagu menarik lainnya. Sudah dua EP (extended play) bertajuk Roy Pablo (2017) dan Soy Pablo (2018) beredar ke seluruh layanan musik streaming. Kedua masterpiece inilah yang menjadi bukti bahwa Boy Pablo bukan sekedar sensasi internet sesaat saja.

Band ini juga telah melenggang ke berbagai festival musik besar dunia. Sebut saja festival sekaliber Coachella, Lollapalooza, Primavera, dan Lowlands telah disinggahi bedroom artist asal Norwegia itu. Terbaru, Boy Pablo telah menjadwalkan tur cukup panjang di kawasan Asia Tenggara. Jakarta juga tak ketinggalan sebagai salah satu kota yang menghelat konser tur Boy Pablo ini.

Lagu lagu hits macam Everytime, Losing You, Feeling Lonely, dan Dance, Baby! tentu menjadi andalan band indie pop itu. Bagi anda yang telah memiliki tiket konsernya, bersiaplah untuk larut dalam pesona musik yang dibawakan Nicolas Pablo Munoz dan kolega!