Gitaris Indonesia Paling Membanggakan Abad Ini: Alip Ba Ta

Indonesia berhak berbangga hati dengan kehadiran Alip Ba Ta, seorang Youtuber asal Ponorogo, yang memiliki keahlian fingerstyle bermain gitar di atas rata-rata. Pria bernama asli Alief Gustakhiyat ini berhasil mencengangkan dunia melalui skill-nya tersebut.

Alip Ba Ta tidak perlu menampilkan visual ganteng, keren, dan menjual. Dia merupakan antitesis dari ketiga unsur barusan. Dengan bermodalkan kaos tidur, celana pendek yang sepertinya itu lagi itu lagi, dan rokok serta asbak sebagai penyerta, Alip Ba Ta sukses menggiring perhatian masa untuk berlangganan YouTube Channel-nya.

Alip Ba Ta juga merekam segala kegiatan fingerstyle dengan cukup sederhana. Hal itu terlihat jelas dari video-video yang terunggah di dalam channel nya. Tidak perlu alat perekam yang mewah, bisa jadi menggunakan Handphone, namun kualitas kontennya tetap terjaga, sehingga siapapun tak akan pernah bosan untuk mampir ke YouTube Channel dia.

Alip Ba Ta memainkan hampir segala genre musik melalui aksi fingerstyle-nya. Apapun lagunya, akan terdengar fantastis ketika berada di tangan Alip Ba Ta. Misalkan lagu ‘My Heart Will Go On’ Celine Dion, ‘Bohemian Rhapsody’ Queen, ‘No Woman No Cry’ Bob Marley, ‘The Godfather’ soundtrack film The Godfather, ‘Californication’ Red Hot Chilli Peppers, ‘Numb’ Linkin Park, hingga ke lagu tema permainan masa lalu, Super Mario Bros, yang dia mainkan dengan begitu rapih, detail, sehingga terdengar berkelas dan lebih anggun. Juara!

Hal tersebut membuat para musisi kaliber memberi komentar positif terhadap permainan fingerstyle sang fenomena baru dari Asia ini. Mulai dari gitaris band Gigi, Dewa Budjana, yang berujar bahwasanya ia sendiri tidak bisa bermain fingerstyle sejernih serta sebagus Alip Ba Ta. Budjana juga bilang kalau Alip adalah gitaris hebat, yang sudah saatnya memainkan lagu-lagu sendiri.

Selain itu, opini membanggakan lainnya datang dari gitaris legendaris Brian May, yang merupakan salah satu pendiri band terbaik abad ini, Queen. Dia posting video Alip Ba Ta yang sedang memainkan lagu fenomenal Queen ‘Bohemian Rhapsody’ di laman Facebook pribadinya. Akun resmi Queen pun melakukan hal serupa. Gitaris Rusia ternama Igor Presnyakov, yang kerap disapa Uncle Igor oleh para penggemarnya, dan terbiasa meng-cover lagu-lagu populer seperti Alip Ba Ta, juga ikut memberi komentar positif terhadap skill yang dimiliki Mr Alip. Tak ketinggalan, Synyster Gates, gitaris band metal Avenged Sevenfold, yang berada di peringkat ke 87 gitaris terbaik di dunia versi majalah Guitar World, turut memberi pujian selangit terhadap Alip. Sebagai info tambahan, hingga saat ini Alip Ba Ta berprofesi sebagai seorang Operator Forklift yang bekerja di kawasan Cakung Jakarta Timur.

Bukan hanya Indonesia saja yang berbangga. Kini Alip adalah fenomena musik terbaru dari Asia. Alip Ba Ta bisa jadi merupakan “Gitaris Indonesia Paling Membanggakan Saat Ini.”

Dari Alip Ba Ta kita bisa belajar dan semakin yakin, bahwa kesederhanaan dan bersikap apa adanya adalah kunci. Bukan kunci sukses, namun kunci untuk bisa membuat diri sendiri serta orang lain bahagia.

Foto: YouTube Channel Alip Ba Ta