Flood, Produser Puluhan Album Musik Berpengaruh: Dari U2 Hingga Nine Inch Nails

Produser yang sarat mekanikal industrial ini melesat bak busur sasangkala untuk menunjukan jati dirinya sebagai salah satu pegiat musik paling kompleks dari yang terjantan, karena sudah selaik dan seyogyanya materi-materi hasil pemikiran dia, berada di singgasana tertinggi dari apa yang telah ia kontribusikan terhadap publik musik kala itu hingga masa kini, yang membutuhkan hiburan berbeda.

Semisal saja keterlibatan Flood dalam EP ‘Broken’ Nine Inch Nails yang dirilis 1992, di mana hasil produksiannya begitu memicu semangat pendengar sedari awal perjalanan lagu-lagunya dimulai. Nine Inch Nails sebagai new wave militan yang lumayan terpengaruh Depeche Mode serta Prince, memastikan clear area versi mereka dalam bermusik, melalui berbagai haru biru yang Flood tabur di segala penjuru ‘Broken’.

Lahir dengan nama Mark Ellis, British Post Punk dan Alternative Rock produser ini menyemarakan bisnis musik dunia lewat kiprahnya yang ‘tidak biasa’. Banyak master piece yang terbidani melalui tangan dingin Flood. Di antaranya ada: New Order album ‘Movement’ sebagai assistant engineer, Ministry ‘With Sympathy’ sebagai engineer utama, Nick Cave and the Bad Seeds ‘The Firstborn is Dead’ sebagai produser, lalu menjadi engineer sekaligus produser untuk album-album besar lainnya semacam: U2 ‘The Joshua Tree’, Erasure ‘The Circus’, Nine Inch Nails ‘Pretty Hate Machine’, Depeche Mode ‘Violator’, The Jesus and Mary Chain ‘Honey’s Dead’, U2 ‘Zooropa’, Nine Inch Nails ‘The Downward Spiral’, The Smashing Pumpkins ‘Mellon Collie and The Infinite Sadness’, Soulwax ‘Any Minute Now’, A-ha ‘Analogue’, Placebo ‘Meds’, The Killers ‘Sam’s Town’, PJ Harvey ‘White Chalk’, The Pains of Being Pure at Heart ‘Belong’, Warpaint ‘Warpaint’, dan nama-nama besar serta album-album terbaik lainnya yang infonya bisa kalian lihat langsung di Wikipedia.

Meski telah berusia 60 tahun, kiprah Opa Flood sama sekali tak pernah pudar. Apalagi surut. Terbukti hingga kini ia masih produktif menjadi produser beberapa album yang dirilis 3 tahun belakangan ini, seperti: Fink ‘Resurgam’, White Lies ‘Five’, The Murder Capital ‘When I Have Fears’, Fink ‘Bloom Innocent’, dan EOB ‘Earth’.