Perkenalkan Felipe Rossi, Dokter Yang Berkeliling Dunia Untuk Bantu Orang Ompong

Sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang mampu memberikan manfaat bagi orang di sekitarnya, tak peduli seberapa besar pengaruhnya. Paham inilah yang dipegang teguh seorang dokter asal Brasil, Felipe Rossi. Dokter spesialis gigi ini melakukan misi yang teramat mulia untuk mengembalikan senyum bagi mereka yang kurang mampu. Rossi berkeliling dunia untuk membantu orang yang penghasilan rendah untuk mendapatkan perawatan gigi yang layak.

Seorang dokter gigi asal Brasil bernama Felipe Rossi berkeliling dunia untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah guna mendapatkan perawatan gigi terbaik. Rossi menyadari bahwa biaya perawatan gigi terlampau mahal bagi mereka yang kurang mampu. Oleh karenanya, Ia mendirikan sebuah lembaga swadaya yang dinamai Por1sorriso. Dengan lembaganya itu, Rossi menjelajahi belahan dunia untuk mengembalikan senyum untuk mereka yang kurang mampu.

Dikutip dari Global Shakers, Rossi bersama timnya di Por1sorriso telah menyediakan perawatan gigi lebih dari 12.000 orang di Brasil dan kawasan Afrika Timur. Pelayanan ini diberikan Rossi secara gratis bagi mereka yang membutuhkan. Pendanaan untuk pelayanan ini Ia dapatkan dari donasi dan sponsor. Para pasien yang telah ditangani Rossi telah didokumentasikan melalui akun Instagram pribadinya.

“Saya tak melakukan praktik kedokteran hanya untuk merawat gigi semata, lebih jauh untuk merawat orang-orang yang membutuhkan. Senyum yang tulus tanpa pendekatan bisnis, berlandaskan kasih sayang, menghubungkan kami dengan sesuatu yang lebih besar,” ujar Rossi dikutip dari Global Shakers.

“Suatu hari nanti, sebuah senyum akan bisa dilakukan setiap orang dan air mata akan jatuh dengan kebahagiaan, hanya karena mereka bisa tersenyum kembali,” tambah Rossi.

Deretan Pasien yang ditangani Felipe Rossi. Sumber: intagram.com/drfeliperossi

Kesehatan gigi memang menjadi isu serius di ranah medis. Global Burden of Disease Study menyatakan bahwa tidak kurang dari 3,9 miliar orang di seluruh dunia mengalami masalah kesehatan gigi. Mayoritas penderita mengalami kasus karies (gigi berlubang) dan pembusukan gigi.

Masalah lainnya, penyakit yang berkaitan dengan gigi tergolong mahal untuk diobati. Di Amerika Serikat saja, sekitar 110 miliar dolar Amerika dihabiskan untuk mengobati kesehatan gigi. Di Eropa juga tercatat biaya perawatan gigi mencapai 79 juta euro dalam kurun waktu 2008 hingga 2012. Angka tersebut melebihi biaya yang dihabiskan untuk pengobatan kanker dan masalah pernafasan. 

Dengan semua data dan persoalan yang disebutkan di atas, jelas apa yang dilakukan Felipe Rossi dan timnya adalah tindakan yang benar-benar mulia dan berdampak besar untuk orang lain. Hal ini membuktikan bahwa siapa saja bisa membantu orang lain dengan keahlian yang dimilikinya. Inspiratif!

Kredit foto: YouTube