Anang Adalah Rockstar Masa Lalu Yang Suaranya Paling Enak Didengar

Anang Hermansyah menjadi salah satu sosok paling keren bagi para pecinta musik hardrock nasional di masa lampau. Suaranya tinggi, enak, dan menyengat. Semua yang pernah mengalami era-era jaya Anang, pasti mengamininya.

Bagaimana album ‘Biarkanlah’ terasa mewakili perasaan para cowok-cowok tanggung zaman itu, yang ingin rebel tapi setengah-setengah, karena memiliki masalah masih tinggal dengan orang tua, namun mereka suka mabuk minum dan doyan gonta ganti perempuan. Jangan lupakan juga pelbagai anti depresan yang menghiasi hari-hari manja anak-anak itu. Hal ini terjadi di tahun 1992. Cukup epik.

Setelah itu kiprah Anang dilanjutkan bersama Kidnap Katrina yang kala itu albumnya terasa elegan, karena aransemen lagu-lagunya tergolong tidak biasa. Musik band ini inovatif, tidak seperti Dewa, KLA Project, Slank, dan band-band pop rock sejenis yang memegang puncak klasemen kancah musik Nusantara. Tahun 1993 lumayan menjadi milik Kidnap, karena hampir seluruh isi album pertama sekaligus album satu-satunya dari mereka, mampu mengisi relung-relung cinta kawula muda pada saat itu. Ingar bingar namun sarat melankoli, penuh dengan biduk rona-rona asmara.

Anang Hermansyah di tahun 1994 kembali menyanyi sendiri dengan album ‘Lepas’ yang luar biasa. Mungkin ada opini-opini liar yang beranggapan Anang pake susuk di dalam album ini, karena baik perempuan maupun pria tanggung di masa itu tergila-gila dengan lagu ‘Lepas’. Suaranya bikin bulu kuduk merinding saking kerennya itu lagu. Terus, penampilan Anang yang ala ala rockstar hairband sejenis Skid Row dan Poison, membuat kami para pecinta lagu slow rock lokal menjadikannya sebagai figur rockstar yang paling mewakili ranah ini di bumi bagian wilayah Indonesia.

Anang, album pertama dan keduamu sungguh juara. Dan, kami hanya ingin berbicara tentangmu di era itu saja. Zaman engkau masih berkutat di sekitar Potlot, di mana dirimu sempat membuat para vokalis lain minder, karena keberingasan sekaligus keindahan olah vokalmu. Kamu menjadi biasa ketika berduet dengan Krisdayanti. Jadi, bukan hanya dirimu saja yang ingin melupakan memori hidupmu yang bagian itu, kami juga sangat ingin melupakannya.

Anang “Lepas”

Foto: YouTube